10 Manfaat masker pepaya untuk kulit wajah yang cantik

Advertisement
Sudah pernah merasakan manfaat masker pepaya untuk kulit wajah? Pepaya atau yang dikenal dengan nama Latin Carica Papaya punya segudang manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Kemudian, pepaya memiliki enzim bernama papain yang mampu mengangkat sel-sel kulit rusak dan mati. Selain itu, pemakaian masker pepaya yang rutin akan memperbaiki tekstur serta warna kulit Anda. Sementara dari segi kesehatan, pepaya bisa melancarkan peredaran darah dan menyegarkan kulit.
Manfaat masker pepaya untuk kulit wajah
image by pixabay.com

Jadi rasanya akan sayang kalau Anda tidak memanfaatkan pepaya sebagai masker alami untuk merawat kulit wajah, apalagi kegunaannya sangat banyak, seperti yang tertera berikut ini.

1. Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat

Supaya performanya semakin maksimal, tambahkan bahan-bahan lain seperti lemon dan madu yang juga memiliki khasiat untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Untuk membuatnya, campurkan sekitar satu perempat pepaya dengan satu sendok makan madu dan setengah sendok tek perasan lemon. Anda bisa melembutkannya secara alami atau menggunakan blender. Kemudian, aplikasikan pasta pepaya pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih agar manfaat masker pepaya untuk kulit wajah terasa kuat.

2. Melembabkan Kembali Kulit Wajah

Seperti poin sebelumnya, Anda dapat mencampurkan pepaya dengan mentimun dan pisang untuk membuat masker alami. Dengan bahan-bahan ini, Anda bisa mengembalikan kelembaban kulit yang perlahan berkurang seiring bertambahnya usia atau faktor lain seperti paparan sinar matahari dan stres. Setelah mencampurkan dan menghaluskan bahan-bahan tadi sampai merata, oleskan ke seluruh kulit wajah dan diamkan sektitar 20 menit. Kemudian, bilas memakai air bersih dan keringkan menggunakan handuk kering. Lakukan dengan rutin setidaknya 2 sampai tiga kali seminggu untuk melembabkan kulit wajah anda.

3. Menyusutkan Ukuran Pori-pori

Pori-pori besar akan mengundang banyak gangguan karena penumpukan kotoran di dalamnya. Jika Anda biarkan, pori-pori yang tersumbat tadi berubah menjadi komedo hingga jerawat. Untuk mencegah sebelum hal itu terjadi, Anda dapat mencampurkan pepaya dengan putih telur sampai menjadi pasta. Kemudian, baluri kulit wajah Anda dengan masker tersebut sampai benar-benar merata. Jika sudah, bilas menggunakan air setelah masker didiamkan selama 20 menit. Pemakaian secara rutin akan membuat pori-pori menyusut.

4. Membantu Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat masker pepaya untuk kulit wajah berikutnya adalah untuk mengembalikan keremajaan kulit. Bahan-bahannya lebih banyak dibandingkan masker lain. Anda harus mencampur seperempat pepaya dengan tiga sendok teh repung beras, seperempat madu, dan tiga sendok teh yoghurt organik. Lantas setelah dicampurkan secara merata, oleskan pada kulit wajah. Biarkan masker selama kurang lebih 20 menit sampai bahan-bahan tadi meresap. Kemudian, bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan memakai handuk.

5. Membuat Kulit Wajah Lebih Cerah

Wajah cerah adalah tanda dari kulit yang sehat. Untuk mendapatkannya pun bukan perkara sulit, karena ada masker pepaya yang dapat melakukannya. Caranya adalah dengan mencampur seperempat pepaya dengan satu sendok teh jus nanas segar dan susu secukupnya. Kemudian, aplikasikan secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih. Dalam hal ini, khasiat pepaya untuk kulit akan dibantu dengan susu yang sudah lama dikenal akan manfaatnya dalam mengembalikan kecerahan kulit wajah.

6. Masker pepaya untuk kulit sensitif

Secara umum buah pepaya setengah matang sangat baik digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan karena mengandung tinggi papain, akan tetapi khusus untuk kulit sensitif sebaiknya gunakan pepaya yang sudah masak karena pepaya mentah masih mengandung lateks yang mungkin tidak baik untuk kulit anda. Sebaiknya lakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menerapkan masker pepaya ke kulit wajah anda untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak, jika tidak ada masalah maka anda bisa menggunakannya.

7. Masker pepaya untuk membersihkan kulit

Sisa make up yang tidak dibersihkan secara tuntas dapat menimbulkan masalah ke kulit wajah anda, seperti menyumbat pori-pori dsb. Untuk membersihkan kulit wajah anda membutuhkan bahan alami yang aman sekaligus bisa bekerja optimal seperti pepaya. Pepaya mengandung tinggi nutrisi penting yang sangat baik untuk membersihkan wajah dari sisa make up dan juga sel-sel kulit mati.

8. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit

Jika anda pernah mengalami luka pada kulit seperti luka bakar dan memar anda bisa menggunakan masker pepaya untuk menghilangkannya. Kandungan enzim papain dalam buah pepaya bukan hanya membantu dalam penyembuhan luka, tetapi juga mengurangi kemungkinan munculnya bekas luka setelah sembuh. Bukan hanya itu, enzim dalam pepaya tersebut juga bermanfaat menghilangkan bakteri di luka sehingga mencegahnya dari infeksi.

9. Masker pepaya untuk mengurangi penuaan

Menggunakan masker pepaya ke kulit wajah dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah. Enzim papain dalam buah pepaya diketahui dapat mengurangi keriput dan menurunnya elastisitas kulit wajah.

10. Masker pepaya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menghilangkan cahaya di kulit wajah anda. Belum lagi sel-selkulit mati juga bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya akan menimbulkan jerawat. Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan masker pepaya ke kulit wajah anda secara rutin setidaknya dua kali seminggu. Selain berguna menyingkirkan sel-sel kulit mati masker pepaya ini juga bermanfaat meremajakan kulit secara alami . Baca juga manfaat masker bengkoang untuk kulit wajah

Menggunakan bahan-bahan alami seperti pepaya memang minim akan efek samping. Namun, Anda juga harus melakukan perawatan secara konsisten agar manfaat masker pepaya untuk kulit wajah cepat terasa dan barengi pula dengan rutin berolahraga.

Share On