Friday, March 17, 2017

10 Cara melembabkan kulit wajah secara alami

Advertisement
Kulit sehat adalah kulit yang terjaga kelembabannya, tidak terlalu berminyak dan tidak pula terlalu kering. Kulit berminyak akan menyebabkan jerawat karena debu akan mudah menempel ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori, pada akhirnya akan menimbulkan peradangan. Sedangkan kulit kering memiliki tekstur kaku dan tidak elastis yang membuatnya terlihat tidak sehat.

bahan untuk melembabkan kulit wajah secara alami
Bahan alami untuk melembabkan kulit wajah

Untuk mendapatkan kulit sehat anda harus menjaga kelembabannya dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga melakukan perawatan yang sesuai. Nah,,untuk informasi selengkapnya mengenai cara melembabkan kulit wajah bisa anda simak ulasannya berikut ini:

1. Menggunakan masker alpukat

Menggunakan masker sendiri dengan buah alpukat menjadi salah satu cara efektif untuk melembabkan kulit secara alami. Caranya: Haluskan buah alpukat yang sudah masak dengan blender hingga teksturnya menyerupai pasta. Terapkan masker yang anda buat tadi ke wajah Anda, biarkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air. Menggunakan masker alpukat di atas akan membuat kulit anda lebih lembab alami dan terbebas dari kekeringan.

2. Melembabkan kulit dengan mentimun

Mentimun selain sering digunakan sebagai lalapan ternyata juga cukup ampuh untuk melembabkan kulit wajah, hal ini dikarenakan mentimun mengandung tinggi air. Bukan hanya kulit lembab alami yang anda dapatkan tetapi jerawat pun akan bisa dicegah dengan menerapkan mentimun secara rutin. Anda bisa menempelkan mentimun ke kulit wajah dengan memotongnya tipis terlebih dahulu. Atau anda juga bisa menghaluskannya untuk digunakan sebagai masker wajah.

3. Melembabkan kulit wajah dengan masker bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang dipercaya dapat mencerahkan kulit secara alami. Hal ini membuat banyak produk kecantikan menggunakan bengkoang sebagai bahan utama. Selain membantu mencerahkan wajah bengkoang juga sangat berguna menjaga kelembaban kulit saat digunakan sebagai masker wajah. Bukan hanya itu, bengkoang juga bergua mendinginkan kulit  dan membuatnya terasa lebih segar.

4. Melembabkan kulit Menggunakan lidah buaya

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah anda adalah membantu menjaganya lembab alami. Selain murah lidah buaya juga sangat aman karena tidak memiliki efek samping seperti halnya pelembab dari bahan kimia. Selain menjaga kelembaban kulit, lidah buaya juga mampu menjaga kulit wajah dari sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan flek hitam di wajah. Cara penggunaan lidah buaya untuk wajah: Ambil lidah buaya berukuran besar, potong dan ambil gelnya. Haluskan dengan blender agar teksturnya lebih mudah untuk diterapkan ke kulit wajah. Aplikasikan ke kulit wajah anda hingga merata dan tunggu kira-kira 15 menit. Setelah itu bilas seperti biasa.

5. Melembabkan kulit dengan minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat banyak sekali termasuk membantu menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, sampai mencegah penuaan dini. Minyak zaitun juga tergolong bahan alami sehingga lebih aman saat diterapkan ke kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit wajah setidaknya dua hari sekali atau sedikitnya dua kali seminggu. Minyak zaitun mengandung berbagai macam vitamin termasuk Vitamin E. Vitamin E sangat berguna menjaga kulit tetap sehat meski harus terkena debu dan kotoran.

6. Melembabkan kulit dengan tomat

Sayur yang satu ini memang telah dipuji karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah. Salah satu manfaat dari tomat adalah melembabkan kulit. Bukan hanya melembabkan, tomat juga memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti vitamin C dan likopen. Keduanya bahu membahu menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas berperan besar dalam proses penuaan. Jadi salah satu manfaat tomat untuk wajah anda adalah mencegah timbulnya kerutan dan garis halus di wajah yang menjadi tanda penuaan

7. Melembabkan kulit dengan madu

Madu adalah cairan manis yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sebelum ditemukannya obat kimia seperti sekarang ini, orang-orang banyak yang telah menggunakan madu sebagai obat alami mereka. Selain digunakan obat, orang zaman dahulu juga menggunakan madu sebagai bahan perawatan kecantikan mereka. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, dimana itu sangat dibutuhkan oleh kulit. Saat diterapkan ke kulit wajah, madu dapat membantu melembabkan sekaligus meremajakan kulit wajah. Pastikan anda memilih madu murni untuk memastikan manfaatnya.

8. Banyak minum air putih

Cara melembabkan kulit selain menggunakan masker di atas anda juga harus banyak mengkonsumsi air putih. Air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kesehatan anda secara keseluruhan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka kulit akan terhidrasi dari dalam sehingga akan mencegah masalah kulit kering. Usahakan anda minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mendapatkan kulit sehat alami.

9. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur

Selain banyak minum air putih hal yang tidak boleh anda lupakan adalah banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Keduanya memang menjadi salah satu makanan sehat yang membantu menutrisi tubuh termasuk kulit anda. Buah mengandung banyak vitamin, anti-oksidan, dan mineral penting yang sangat berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit dan masalah kulit.

10. Gunakan sabun yang sesuai

Ada banyak sabun wajah yang dirancang khusus untuk mengatasi kulit berminyak, akan tetapi di sisi lain juga mengambil kelembaban alami kulit anda. Untuk itu sebaiknya pilih sabun wajah yang tidak membuat kulit kering, kalau bisa sesuaikan juga dengan kondisi kulit wajah anda. Sebagai tambahan, sebaiknya hindari pengguaan bahan kimia ke kulit wajah.

Dari kesemua tips di atas terutama untuk poin no 1 sampai 7 tidak harus anda terapkan semua, jadi anda hanya perlu memilih satu saja dan lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal.

Demikian tadi daftar cara melembabkan kulit wajah dengan bahan alami semoga bermanfaat bagi para pembaca. Dan jika anda terbantu dengan tips di atas silahkan share ke teman-teman anda.