10 Manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

Manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit wajah dan rambut anda sangat banyak sekali, hal ini dikarenakan yoghurt mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh manusia. Yoghurt secara alami memiliki kandungan asam laktat dan asam alpha hydroxy yang bermanfaat menghilangkan sel-sel kulit mati yang tidak diinginkan. Sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah selain dapat menyebabkan jerawat juga akan menimbulkan kerutan dan garis-garis halus di kulit wajah anda.
Manfaat yoghurt untuk kecantikan
image by pixabay.com
Para ahli Dermatologi sepakat yoghurt dapat membantu meremajakan sekaligus melembutkan kulit secara alami tanpa adanya efek samping berarti. Dr Judith Hellman, MD, PLLC yang merupakan ahli dermatologi di New york merekomendasikan untuk menggunakan masker yoghurt ke kulit wajah secara teratur untuk mengurangi efek paparan sinar matahari berlebih.

Kandungan nutrisi yoghurt

Manfaat yoghurt untuk kecantikan tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat lengkap. Beberapa diantaranya bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah saja melainkan untuk kesehatan secara umum. Ingin tahu apa saja kandungan nutrisi dalam yoghurt, berikut ulasannya:

Zinc: Yoghurt memiliki kandungan beberapa mineral penting seperti zinc dimana dalam 100 gram yoghurt mengandung sekitar 1 miligram zinc. Mineral ini juga dikenal dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu zinc juga diketahui dapat membantu produksi sebum yang menjadi salah satu pemicu jerawat.

Kalsium: Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika yoghurt merupakan makanan fermentasi dari susu sehingga kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda dengan susu. Mungkin banyak orang yang sudah tahu jika yoghurt mengandung tinggi kalsium tapi apakah anda tahu manfaat kalsium untuk kecantikan? Kalsium yang cukup ternyata juga berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, hal ini dikarenakan sebagian besar epidermis Anda terdiri dari kalsium.

Vitamin B kompleks: Yoghurt memang merupakan sumber vitamin B kompleks seperti halnya Vitamin B2, B5 dan B12. Vitamin B2 atau yang dikenal dengan riboflavin, dapat membantu menyehatkan kulit wajah anda dan membuatnya bersinar alami. Riboflavin dalam yoghurt ini sangat berguna untuk membuat kulit tetap terhidrasi sehingga mencegahnya dari kekeringan. Belum lagi nutrisi ini juga dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Asam laktat: Nutrisi ini lah yang menjadi alasan kenapa yoghurt sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Asam laktat sebenarnya merupakan exfoliant dan pelembab alami kulit. Selan itu asam laktat juga dapat mencegah kulit dari penuaan tidak alami yang secara umum dipicu oleh efek buruk radikal bebas.

Manfaat yoghurt untuk kecantikan 

1. Melembabkan kulit wajah

Menggunakan yoghurt dapat membantu mengatasi kulit kusam pada wajah.
Yoghurt bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah yang murah dan juga pastinya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah anda. Cara menggunakan yoghurt untuk masker wajah: Pertama cuci wajah anda hingga bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah itu baru terapkan yoghurt ke kulit wajah anda dengan lembut, diamkan beberapa saat kemudian bilas wajah anda hingga bersih.

2. Membantu meringankan sengatan matahari

Manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit wajah yang selanjutnya adalah membantu meringankan sengatan matahri langsung atau sunburn. Teralu lama di luar ruangan terutama saat cuaca terik dapat merusak kulit anda, selain membuatnya kusam terik matahari berlebih juga  bisa menimbulkan flek hitam di wajah. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat yoghurt untuk kulit wajah yaitu mampu meredakan sengatan matahari. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung zinc yang dapat membantu mendinginkan kulit pasca tersengat matahari.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam yoghurt. Kemudian pijatkan campuran tadi dengan lembut untuk menenangkan kulit anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit setelah itu bersihkan wajah anda.

3. Membantu mengatasi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang cukup merepotkan karena akan mengganggu penampilan. Belum lagi setelah hilang jerawat akan meninggalkan bekas yang juga sulit dihilangkan. Untungnya sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dimiliki yoghurt dapat membantu anda mengatasi masalah jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan yoghurt: Aplikasikan yoghurt organik ke kulit wajah anda hingga merata, tunggu sekitar 30 menit setelah itu bilas wajah anda.

4. Menghilangkan flek hitam di wajah

Bagi anda yang memiliki flek hitam di wajah entah itu dari jerawat atau sinar matahari bisa menggunakan manfaat yoghurt, yoghurt memiliki kekuatan bleaching ringan yang berguna menyamarkan flek hitam di wajah. Penggunaan yoghurt secara rutin juga bisa membantu memperbaiki ketidak seimbangan warna pada kulit wajah. Tetapi perlu diingat jika anda harus menggunakan yoghurt secara rutin karena seperti bahan alami lainnya yoghurt tidak bekerja secara instan. Mengenai bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan yoghurt anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah seperti biasa.

5. Mencegah penuaan dini

Penuaan adalah proses alam yang semua orang pasti akan mengalaminya, jadi anda tidak perlu khawatir sebenarnya. Tetapi kadang penuaan datang lebih cepat dari yang seharusnya hal ini disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Untungnya yoghurt hadir untuk membantu memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Hal ini bisa anda lakukan seperti biasa yaitu menggunakan yoghurt sebagai masker wajah anda. Kandungan asam laktat dalam yogurt akan menghapus kulit mati sehingga akan  membantu mengencangkan pori-pori kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil terbaik anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan perbandingan 1 minyak zaitun dan 4 yoghurt. Setelah itu gunakan campuran tadi sebagai masker wajah selama 30 menit. Jika sudah selesai bilas seperti biasa.

6. Sebagai pencerah alami kulit

Setiap orang pasti menginginkan memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah tidak terkecuali anda pastinya. Untuk mendapatkannya kadang orang rela mengeluarkan banyak uang dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Tetapi ternyata ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membantu anda mendapatkan kulit sehat alami seperti yoghurt contonhnya. Yoghurt mengandung berbagai macam bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah anda.

7. Menghilangkan mata panda

Kurang tidur akibat sering begadang setiap malam dapat menimbulkan masalah kesehatan. Bukan hanya kesehatan tubuh dan mental tetapi juga kulit anda tentunya. Kurang tidur bisa menyebakan munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau sering dikenal dengan mata panda. Yoghurt bisa anda manfaatkan untuk menghiangkan mata panda ini karena memiliki sifat anit-inflamasi yang mampu mengurangi bengkak. Caranya: oleskan yoghurt menggunakan bola kapas di sekitar mata, biarkan sekitar 10 menit setelah itu bersihkan.

8. Membantu mengatasi infeksi pada kulit

Infeksi pada kulit seperti kurap dan sejenisya juga dapat merasakan manfaat yoghurt. Caranya: Aplikasikan yoghurt pada kulit yang yang mengalami infeksi dengan lembut, diamkan sesaat kemudian anda bisa membilasnya. Ulangi cara ini setidaknya dua kali sehari sampai infeksi benar-benar hilang. Manfaat yoghurt bisa sangat dirasakan karena mengandung tinggi probiotik alami yang mampu menghilangkan infeksi kulit yang disebabkan oleh patogen.

9. Sebagai kondisioner rambut

Jika Anda sudah bosan dengan kondisioner yang anda beli di toko karena mengandung bahan kimia maka anda bisa mencari alternatif alami menggunakan yoghurt. Pertama-tama persipakan terlebih dahulu 4 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan gel lidah buaya, dan 2 sendok makan minyak kelapa. Campur ketiga bahan tadi dan aduk hingga mereta. Setelah tercampur dengan merata gunakan kondisinoner alami dari yoghurt tadi sebagai kondisioner seperti biasa. Biarkan selama 1 jam setelah itu bilas dengan shampo. Yoghurt bisa sangat bermanfaat untuk rambut anda karena memiliki sifat pelembab alami yang dapat membantu memperbaiki kerusakan ringan pada rambut.

10. Membantu mengatasi rambut rontok

Rambut rontok disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah folikel rambut yang tidak mendapatkan nutrisi yang semestinya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika yoghurt mengandung tinggi nutrisi penting sehingga bisa membantu mengurangi rambut rontok. Cara memanfaatkan yoghurt untuk mengatasi rambut rontok sama dengan menggunakannya sebagai kondisioner, jadi anda tinggal mengikuti langkah poin no 9.

Nah,,demikian tadi informsi mengenai manfaat yoghurt untuk kecantikan kulit wajah dan rambut, semoga bisa menambah wawasan anda.

Share On