12 Manfaat tomat untuk wajah dan kecantikan kulit

Advertisement
Manfaat tomat untuk wajah dan kecantikan kulit tubuh lainnya yang sangat mengagumkan dan perlu anda ketahui. Tomat adalah salah satu buah yang sering digunakan sebagai sayur, maka tidak heran jika banyak orang menyebut tomat adalah sayur bukannya buah. Terlepas dari apakah tomat itu sayur atau buah tomat memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Beberapa kandungan di dalam tomat diantaranya: Vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, likopen, serat dan sebagain kecil kalsium.

Manfaat tomat untuk wajah
image by pexels.com
Vitamin C dalam tomat sangat  berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas sekaligus membuat kulit cerah alami. Selain manfaat tersebut masih ada banyak lagi manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah, selengkapnya mari simak ulasan berikut ini:

1. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Pori-pori kulit wajah yang melebar akan memudahkan kotoran masuk dan menyebabkan jerawat. Tomat dapat membantu anda mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Caranya: Haluskan buah tomat segar dengan blender. Masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes jus lemon. Sebelum menerapkan ramuan ini bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Setelah bersih baru oleskan campuran keduan bahan tadi ke kulit wajah anda menggunakan bola kapas. Diamkan sekitar 15 menit kemudian basuh wajah anda dengan air.

2. Mengatasi kulit wajah berminyak

Minyak berlebih di kulit wajah anda dapat menimbulkan banyak masalah. Minyak berlebih dapat membuat kotoran lebih mudah menempel ke kulit wajah sehingga akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tomat memiliki kandungan senyawa alami yang mampu mengontrol kelebihan minyak di kulit wajah ini. Caranya: potong buah tomat menjadi bagian yang tipis, tempelkan ke kulit wajah anda hingga semuanya tertutupi. Tunggu sekitar 20 menit untuk membuat kandungan tomat meresap ke kulit wajah. Jika sudah selesai angkat dan bersihkan wajah anda.

3. Membunuh jamur di kulit wajah

Tomat dapat membunuh jamur yang dapat menyebabkan masalah pada kulit anda. Caranya: Ambil dua buah tomat berukuran besar. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan ½ cangkir yoghurt. Haluskan kedua bahan tadi hingga benar-benar menyatu.  Seperti biasa terapkan ke kulit wajah anda dan tunggu selama 10 menit lebih. Jika sudah selesai bilas wajah anda hingga bersih.

4. Mencegah kulit terbakar sinar UV

Paparan sinar UV berlebih ke kulit wajah anda dapat membuatnya terbakar, hasilnya kulit menjadi lebih hitam dan memerah. Untuk membantu melindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari anda bisa memanfaatkan buah tomat. Buah tomat mengandung tinggi likopen yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi kulit dari kerusakan. Selain diterapkan secara langsung ke kulit wajah mengkonsumsi buah tomat juga akan memberikan manfaat tidak jauh berbeda. Sebuah studi pada tahu 2001 lalau yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan jika mengkonsumsi buah tomat mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

5. Mencerahkan kulit secara alami

Memiliki kulit putih bersinar merupakan dambaan semua wanita. Maka tidak heran jika banyak wanita yang mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya. Tetapi sayangnya kebanyakan dari mereka justru menggunakan bahan kimia sebagai pemutih wajah, selain memiliki efek samping warna putih yang diberikan bahan kimia ini juga tidak terlihat natural. Untuk itu sebaiknya anda memilih bahan alami seperti tomat. Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dimana vitamin jenis ini diketahui mampu mencerahkan kulit  secara alami. Belum lagi kandungan vitamin C dalam buah tomat juga berguna meningkatkan produksi kolagen yang merupakan protein penting untuk kulit anda.

6. Membantu mengatasi jerawat 

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk menghilangkan jerawat di wajah tidak ada salahnya menggunakan tomat. Tomat selain lebih alami juga murah sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat jerawat. Belum lagi obat jerawat di pasaran kadang malah memperparah kondisi jerawat anda. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat: Haluskan tomat segar hingga berbentuk seperti pasta. Tambahkan beberapa sendok teh jus lemon segar untuk membuat efeknya semakin nyata. Terapkan campuran kedua bahan tadi ke kulit wajah anda hingga merata. Tunggu sambil bersantai kurang lebih selama 15 menit. Jika sudah selesai bilas wajah anda seperti biasa.

7. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Manfaat tomat untuk kulit wajah yang selanjutnya adalah menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menghilangkan cahaya di kulit wajah sehingga membuatnya tampak kusam. Tomat mengandung banyak vitamin Seperti Vitamin C, A dan K yang sangat membantu menjaga kesehatan kulit. Caranya: Potong tomat menjadi 2 bagian. Taburkan gula pasir yang sudah dihaluskan ke salah satu bagian, kemudian gosokkan secara perlahan ke kulit wajah anda dengan gerakan melingkar.

8. Membantu menghilangkan komedo

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup sulit untuk diatasi. Tetapi anda tidak perlu risau karena ternyata salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah menghilangkan komedo ini. Caranya cukup mudah, anda tinggal menghaluskan tomat segar dengan blender, kemudian balurkan ke kulit wajah anda. Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air. Melakukan cara di atas dengan rutin akan membantu mengatasi masalah komedo anda.

9. Melindungi kulit dari radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Anda bisa mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti tomat. Salah satu kandungan antioksidan paling kuat dalam tomat adalah likopen. Selain likopen, vitamin A dan C dalam tomat juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat tomat ini anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga menggunakannya sebagai masker wajah.

10. Menghilangkan noda hitam di wajah

Noda hitam di wajah disebabkan oleh banyak hal, tapi yang paling umum adalah bekas jerawat dan sengatan sinar UV.  Buah tomat mampu menghilangkan flek hitam di wajah ini dengan aman dan juga murah tentunya. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah atau menempelkannya di kulit wajah.

11. Menghilangkan kerutan pada kulit

Ekstrak dari buah tomat sering digunakan sebagai bahan utama minyak pijat untuk menenangkan kulit. Selain itu ekstrak tomat ini juga digunakan pula untuk bahan perawatan mata yang bermanfaat mengatasi masalah seperti kantung mata dsb.

12. Menjaga kesehatan rambut

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah ternyata tomat juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Cara memanfaatkan tomat untuk perawatan rambut anda: Siapkan 2 buah tomat berukuran sedang, 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan gel lidah buaya. Haluskan ke tiga bahan tadi dengan blender hingga kesemuanya menyatu. Terapkan ke kulit kepala anda dan diamkan beberapa saat. Jika sudah selesai bilas rambut anda hingga bersih.

Dimana setelah membaca informasi mengenai manfaat tomat untuk wajah di atas, apakah anda tertarik menggunakan tomat sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan anda?

Share On