Tuesday, February 7, 2017

14 Manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

Advertisement
Manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah dan rambut yang sangat mengagumkan. Madu merupakan cairan manis yang kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan enzim tertentu. Lebah memperoleh madu dari nektar bunga yang kemudian diproses di dalam perut lebah dan disimpan di dalam sarangnya.
Manfaat madu untuk kecantikan
image by pixabay.com
Madu memiliki banyak jenis tergantung dari mana si lebah mengambil madu tersebut, misalnya jika lebah mengambil madu dari tanaman kelengkeng maka disebut sebagai madu kelengkeng. Tetapi secara umum madu dibedakan menjadi dua yaitu madu multiflora dan monoflora. Sesuai namanya multiflora berarti madu diambil dari berbagai jenis bunga sehingga memberikan khasiat yang lebih banyak. Sedangkan madu monoflora hanya diambil dari satu jenis tanaman saja sehingga memiliki manfaat yang tidak sebanyak madu multiflora.

Berbicara mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan pengobatan pasti tidak akan ada habisnya karena begitu banyak manfaat cairan manis ini. Tetapi kali ini kita akan membahas mengenai manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah dan rambut. Di zaman dahulu sebelum adanya produk kecantikan yang banyak seperti sekarang ini masyarakat menggunakan madu sebagai bahan perawatan kecantikan wajah mereka. Bahkan ratu mesir yang sangat terkenal yaitu ratu Cleopatra sudah menggunakan madu sebagai bahan perawatan kecantikannya.

Kandungan nutrisi dalam madu murni

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah, mari kita terlebih dahulu mencari tahu apa sih sebenarnya nutrisi yang terkandung dalam madu.

Salah satu nutrisi utama yang terkandung di dalam madu adalah Vitamin. Sebut saja vitamin C, Vitamin B9 (asam folat), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B6, Vitamin B6 (Niasin). Sedangkan dari sumber mineral madu memiliki zat besi, fosfor, kalium, magnesium dan zinc. Meskipun secara kuantitas kandungan masing-masing nutrisi tersebut dalam tidak terlalu banyak tetapi perpaduan kesemuanya sangat baik untuk menutrisi tubuh manusia baik dikonsumsi atau digunakan sebagai obat luar.

Manfaat madu untuk kecantikan

1. Membantu menjaga kecantikan kulit

Ada banyak alasan kenapa madu sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit anda. Selain digunakan sebagai obat madu memang sering digunakan sebagai bahan kecantikan, maka tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahannya. Madu mengandung berbagai macam vitamin yang sangat berguna untuk menutrisi kulit anda. Penggunaan madu secara rutin pada kulit wajah atau bagian tubuh lain dapat membuatnya terlihat cantik alami.

2. Kulit wajah menjadi lebih kenyal

Kandungan vitamin dan juga mineral penting dalam madu akan membantu peremajaan kulit dan membuatnya lebih kenyal. Pastikan anda memiilih madu murni untuk diterapkan ke kulit wajah anda.

3. Menghilangkan jerawat di wajah

Ini adalah manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah yang utama, yaitu membantu menghilangkan jerawat di wajah anda. Madu memang memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Hal ini lah yang menjadi dasar penggunaan madu untuk mengatasi masalah jerawat. Secara umum madu murni memiliki sifat antibakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan sifat penyembuhan madu bisa membantu mengurangi perdangan pada jerawat. Gunakan madu secara rutin, agar jerawat anda cepat hilang.

4. Melembabkan kulit wajah

Kulit wajah yang lembab alami merupakan indikasi kulit sehat. Untuk mendapatkannya banyak orang yang justru menggunakan produk kecantikan dari bahan kimia yang justru dapat merusak kulit. Sebenarnya ada banyak bahan alami yang aman untuk anda gunakan di wajah anda seperti masker pepaya, yoghurt, lidah buaya dan madu. Bahan-bahan tadi selain murah juga relatif aman sehingga anda tidak perlu khawatir soal efek samping yang akan ditimbulkan. Untuk mendapatkan manfaat madu ini anda bisa menerapkan madu langsung ke kulit wajah anda hingga merata. Biarkan seperti itu selama 15 menit, jika sudah selesai bersihkan dengan air hangat.

5. Menghilangkan flek hitam di wajah

Ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam di wajah, tetapi yang paling umum adalah sinar matahari berlebih dan bekas jerawat. Flek hitam tentu sangat mengganggu penampilan dan anda pastinya ingin segera menghilangkannya dari wajah anda. Jika anda butuh bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam, anda bisa mencoba menggunakan madu. Untuk membuat ramuan ini lebih efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah anda perlu menambahkannya dengan buah lemon. Caranya: Campurkan 2 sdm madu dengan 1 ½ sdm lemon segar. Aduk keduanya hingga merata kemudian terapkan ke kulit wajah. Diamkan sekitar 15 menit setelah itu anda bisa membilasnya.

6. Sebagai agen anti-penuaan

Manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah memang sangat luar biasa, selain sangat berguna dalam menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah, madu ternyata juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Madu sangat berguna mencegah munculnya tanda-tanda penuaan disebabkan kandungan vitamin di dalamnya yang berperan aktif dalam melindungi kulit anda. Gunakan madu secara rutin setidaknya 2 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat darinya.

7. Membantu menyamarkan bekas luka

Madu telah terbukti dapat menyamarkan bekas luka seperti luka bakar atau stretch mark. Madu memiliki enzim yang disebut glukosa oksidase, dimana enzim ini mampu melepaskan hidrogen peroksida. Hal ini pada gilirannya akan membantu meringankan perubahan warna pada bekas luka. Gunakan madu untuk bekas luka secara rutin dan telaten, tambahkan beberapa bahan lain seperti kayu manis atau kunyit untuk mendapatkan hasil terbaik.

8. Mengurangi kemerahan akibat sengatan matahari

Berada di luar ruangan dalam waktu lama memang tidak baik untuk kesehatan kulit anda. Selain dapat menimbulkan flek hitam sinar ultraviolet yang berlebih dapat membakar kulit anda sehingga kulit akan terlihat memerah. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki madu akan mengurangi kemerahan dan bengkak akibat sengatan matahari ini.

9. Mengatasi masalah kulit seperti eksim

Eksim merupakan suatu masalah kulit yang ditandai dengan peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya namun eksim sangat mengganggu dan cukup membuat anda tersiksa. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui jika madu memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat berguna menenangkan kondisi kulit seperti eksim.

10. Menghilangkan minyak berlebih

Kulit berminyak tentunya sangat tidak anda inginkan, karena minyak berlebih ini merupakan faktor utama penyebab jerawat. Untungnya anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah kulit berminyak ini. Caranya cukup mudah anda tinggal mengoleskan madu secara merata ke kulit wajah anda. Diamkan sekitar 20 menit untuk membuat khasiat madu bekerja. Cara ini selain cukup ampuh untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat.

11. Membersihkan sisa make up

Sisa make up yang tidak dibersihkan dengan baik maka akan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga akan menyebabkan jerawat. Bahan yang digunakan untuk membersihkan wajah haruslah bahan yang aman, kalau bisa jangan menggunakan bahan kimia. Jadi, anda bisa memanfaatkan madu. Baca juga tips make up untuk wajah berminyak

12. Membantu mengatasi ketombe

Jika dari tadi kita membahas mengenai manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah maka kali ini kita akan mencoba mencari tahu apa saja manfaat yang bisa diberikan madu untuk kecantikan rambut anda. Penggunaan madu untuk rambut saya rasa bukan merupakan hal yang asing mengingat banyaknya shampo atau kondisioner yang sudah menggunakan madu sebagai bahan tambahan. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan rambut adalah menghilangkan ketombe. Madu memiliki sifat alami yang dapat membunuh bakteri dan jamur di kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Jadi dengan menggunakan madu anda akan mendapatkan kulit kepala yang sehat dan terbebas dari ketombe.

13. Menjadikan rambut lebih bersinar

Enzim dan nutrisi yang melimpah di dalam madu murni dapat membuat rambut yang tadinya kusam menjadi lebih bersinar. Caranya: Campurkan 1 sdm madu murni dengan 2 sdm minyak  kelapa. Terapkan campuran ke dua bahan tadi secara merata ke bagian bawah dua pertiga dari rambut yang basah. Diamkan sekitar 15 sampai 20 menit kemudia bilas seperti biasa. lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

14. Menghilangkan mata panda

Mata panda atau kantung mata akan membuat anda menjadi terlihat lebih tidak bersemangat. Mata panda ini biasanya terjadi akibat kurang istirahat terutama di malam hari. Nah,,karena madu memiliki sifat anti-inflamasi maka madu dapat mengurangi pembengkakan di area bawah mata. Caranya cukup mudah kok anda tinggal mengoleskan madu pada area bawah mata, kemudian diamkan sekitar 10-15 menit. Ingat jangan sampai terkena mata karena madu sangat perih di mata.

Nah,,demikian tadi manfaat madu untuk kecantikan, bagamaina apakah anda tertarik untuk menggunakan madu sebagai bahan perawatan kecantikan anda? Pastikan anda teliti dalam memilih madu yang akan anda beli.