Wednesday, February 8, 2017

13 Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah

Advertisement
Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah, rambut dan tubuh anda mulai dari kepala sampai kaki. Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit wajah anda. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat banyak sekali. Praktisi kesehatan juga sering menggunakan lidah buaya untuk mengobati masalah kulit seperti luka ringan, kulit terbakar, dan dermatitis.
Manfaat lidah buaya untuk kecantikan
image by pixabay.com
Bagian dari tanaman lidah buaya yang sering dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan adalah gel yang ada di dalamnya. Gel ini mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan senyawa lain yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nah,,untuk mengetahui lebih lanjut kegunaan tanaman lidah buaya ini, mari simak selengkapnya manfaat lidah buaya untuk kecantikan wajah dan rambut anda:

1. Menghilangkan jerawat di wajah

Gel Lidah buaya secara alami memiliki kandungan dua hormon yang disebut Auksin dan Gibberellin, dimana kedua hormon tersebut mampu membantu mengatasi jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat ini juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit pada kulit. Selain itu Giberelin di dalam lidah buaya juga bertindak sebagai hormon pertumbuhan. Ini bukan hanya bekerja dengan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru saja, tetapi juga merangsang kulit untuk mempercepat proses menyembuhkan sehingga akan mengurangi kemungkinan munculnya jaringan parut pada jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya: anda bisa mengambil gel lidah buaya secara langsung, kemudian haluskan dengan blender. Jika sudah halus terapkan pada kulit wajah anda yang berjerawat hingga merata. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air.

2. Memperlambat proses penuaan

Tanaman lidah buaya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dikarenakan mengandung tinggi anti-oksidan penting, termasuk beta karoten, vitamin C dan E yang berguna meningkatkan elastisitas alami kulit sekaligus menjaganya tetap terhidrasi. Menggunakan lidah buaya secara rutin sebagai masker kulit wajah dapat membantu anda menghilangkan kerutan yang menjadi tanda-tanda umum penuaan.

3. Melembabkan kulit secara alami

Lidah buaya memiliki sifat pelembab yang sangat baik, sehingga gel tanaman ini benar-benar bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Pelembab alami dari lidah buaya akan membuat kulit anda menjadi lebih kenyal dan terhidrasi dengan tanpa menimbulkan efek samping, hal ini tentunya sangat berbeda jika anda menggunakan produk kecantikan kimia. Saat dioleskan di kulit wajah, gel lidah buaya akan melepaskan enzim alami dan vitamin penting ke kulit wajah untuk menghasilkan efek pelembab yang menyebabkan pengembalian keseimbangan pH. Tidak hanya itu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit yang lain adalah memasok oksigen ke kulit, sehingga akan memperkuat jaringan kulit dan mempertahankan kesehatan kulit wajah anda.

4. Membantu mengatasi luka ringan

Beberapa luka ringan seperti terkena pisau cukur dapat diatasi dengan manfaat lidah buaya ini. Lidah buaya dapat digunakan sebagai lotion untuk menyembuhkan luka ringan seperti luka setelah mencukur atau gigitan serangga. Rasa dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya akan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan kulit anda.

5. Membantu meringankan beberapa masalah kulit 

Karena sifat anti-alergi yang dimiliki lidah buaya, membuatnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan gatal pada kulit. Sifat penyembuhan ini juga dikombinasikan dengan sifat anti-alergi sehingga membuat lidah buaya benar-benar bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk gigitan serangga dan reaksi alergi lainnya.

6. Membuat kulit wajah anda lebih bersinar

Memiliki kulit wajah yang bersih dan bersinar merupakan dambaan semua orang terutama bagi para wanita. Jika biasanya anda harus membeli produk kecantikan yang mahal dan belum terjamin keamanannya maka anda bisa menggunakan lidah buaya dengan harga murah dan aman. Lidah buaya akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru, sehingga akan membuat kulit anda tampak lebih fresh dan bersinar. Selain menerapkannya ke kulit secara langsung mengkonsumsi jus lidah buaya juga akan memberikan tubuh dengan nutrisi penting yang membuat kulit Anda tetap sehat.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk kulit wajah anda: Buatlah pasta halus dengan mencampur 1 sendok teh susu, satu sendok teh madu dan beberapa tetes minyak mawar. Tambahkan gel lidah buaya ke dalam campuran tadi sehingga kesemuanya bisa menyatu. Terapkan ramuan ini secara merata ke kulit wajah dan leher, diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu cuci wajah anda hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersinar.

7. Membantu mengatasi sengatan matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kulit anda. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya flek hitam di wajah dan beberapa masalah kulit lainnya. Tetapi untungnya manfaat lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi sengatan matahari tersebut. Secara alami lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan efek buruk paparan sinar matahari. Lidah buaya juga membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang diakibatkan oleh sengatan matahari. Lidah buaya bekerja dengan cara memberikan kelembaban alami pada kulit sekaligus berfungsi sebagai perisai untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

8. Membersihkan kulit secara alami

Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk membersihkan, melembabkan, dan menyegarkan kulit wajah secara alami. Caranya: Haluskan buah alpukat yang sudah masak kemudian campur dengan gel lidah buaya dan satu sendok teh madu. Aduk ketiga bahan tadi hingga benar-benar menyatu. Setelah itu aplikasikan ke kulit wajah anda hingga merata sambil memijatnya secara perlahan. Biarkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air hangat.

9. Menghilangkan flek hitam di wajah

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah yang luar biasa adalah membantu menghilangkan flek hitam dan warna kulit yang tidak merata. Selain flek hitam ramuan dari lidah buaya ini juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat, serta menyamarkan bekas luka kecil dan luka bakar ringan lainnya. Caranya: Campur gel juga lidah buaya dengan ekstrak air mawar untuk membuat pasta kental. Gosokkan secara perlahan ramuan ini ke kulit wajah anda yang terdapat flek hitam atau bekas luka, biarkan seperti itu selama 20 menit. Menggunakan ramuan tadi secara rutin dapat menyamarkan flek hitam dan bekas luka anda.

10. Mencerahkan kulit secara alami

Tanpa menggunakan produk kecantikan yang mahal pun anda bisa mencerahkan kulit secara alami yaitu menggunakan lidah buaya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan gel lidah buaya dan menambahkannya sedikit susu. Terapkan ke kulit wajah anda hingga merata dan bilas jika sudah selesai.

11. Untuk perawatan kaki

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah lidah buaya juga bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan kaki anda. Scrub kaki alami ini bekerja untuk membuat kaki Anda lembut dan halus. Caranya: Ambil 2 sendok teh gula dan 2 sendok teh tepung beras kemudian campurkan dengan satu sendok makan gel lidah buaya. Aduk ketiga bahan tadi hingga merata.

Pertama-tama rendam kaki anda ke dalam air hangat selama 10 menit, kemudian gosok menggunakan scrub yang anda buat tadi selama 5-10 menit. Bubuk gula dan beras bekerja dengan mengelupaskan kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati sedangkan gel lidah buaya bekerja dengan cara meremajakan kulit kaki Anda dengan sifat menenangkan yang dimilikinya.

12. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang sangat luar biasa. Selain berguna melembabkan kulit wajah lidah buaya juga bisa digunakan untuk melembabkan bibir anda. Caranya: Campur gel lidah buaya dan kapsul vitamin E. Oleskan ke bibir secara merata untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

13. Menjaga kesehatan rambut anda

Lidah buaya mengandung enzim yang disebut proteolitik yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Enzim tersebut juga bertindak sebagai kondisioner alami yang dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan bersinar alami.

Demikian tadi manfaat lidah buaya untuk kecantikan, semoga dengan informasi di atas anda menjadi lebih tahu mengenai manfaat tanaman lidah buaya ini.