Wednesday, September 21, 2016

Tips make up untuk kulit berminyak dan berjerawat

Advertisement
Tips make up untuk kulit berminyak
image by: chriskresser.com

Make up untuk Kita sebagai seorang manusia, tentunya ingin selalu mempunyai kulit wajah yang sempurna. Definisi kulit yang sempurna di sini adalah kulit wajah yang sehat, yang mulus, tidak berminyak dan tidak pula berjerawat.

Namun karena kita bermukim di Indonesia, di wilayah yang udaranya berubah-ubah, kadang sangat panas, tidak jarang pula tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin, hal tersebut tidak akan mudah kita dapatkan.

Karena iklim yang berbeda itulah maka kulit wajah manusia dikategorikan bermacam-macam. Ada yang beruntung dikaruniai kulit wajah yang normal.Tetapi adakalanya pula kulit wajah yang berminyaklah yang kita punyai.

Akan sangat beruntunglah bagi siapa saja yang memiliki kulit wajah yang normal. Karena untuk mereka yang memiliki jenis kulit ini wajahnya tidak akan pernah ditumbuhi jerawat. Untuk ber make up pun, tidak akan menemui kesulitan sama sekali.

Lain halnya jikalau kita mempunyai kulit yang berminyak. Akan banyak sekali kerugian yang kita dapat. Kita akan seringkali dihinggapi rasa jengkel karena jerawat akan sering tumbuh di wajah kita. Dan juga kita akan sulit sekali ber make up secara sempurna.

Ada banyak sebab mengapa kita akan menemui banyak kesulitan menggunakan make up apabila kita memiliki kulit wajah yang berminyak. Yang paling utama karena make up akan mudah sekali luntur.

Dampak dari tidak awetnya, tidak tahan lamanya make up yang kita pakai tersebut adalah kita harus selalu rajin make up ulang, menyempurnakan tata rias kita. Hal tersebut sering kita namakan dengan touch up. Dan itu akan sangat membuang waktu, menimbulkan keborosan juga.

Untuk itulah kita harus mencari cara yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut di atas. Di era yang serba canggih ini, dimana pengetahuan akan ber make up juga sudah sedemikian modern, maka ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Tips make up untuk kulit berminyak

Pada seseorang yang mempunyai jenis kulit wajah berminyak, kelenjar minyak di kulit wajahnya akan semakin kelihatan dengan jelas pada area T. Yang dimaksud dengan area T di sini adalah daerah di sekitar dahi, hidung dan dagu kita.

Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mencuci muka kita terlebih dahulu. Kita dapat mencucinya dengan menggunakan sabun khusus untuk kulit berminyak. Yang banyak mengandung glycolic acids di dalamnya, yang bermanfaat untuk mengurangi minyak.

Setelah muka kita cuci bersih dengan sabun khusus tadi, maka selanjutnya adalah memberikan olesan primer pada area T tadi. Hal ini harus kita lakukan karena sangat berguna untuk membuat make up melekat lebih lama.

Tahap berikutnya barulah kita dapat mengoleskan foundation, bedak serta yang lain. Produk kecantikan lain yang kita inginkan tersebut sesuai dengan yang kita inginkan, seperti lipstik, blush on, eye shadow atau pensil alis.

Untuk seseorang dengan kulit wajah yang berminyak, harus menggunakan produk kecantikan yang memakai label oil free, bebas dari minyak. Apakah itu dari primernya, foundationnya, tabir surya, ataupun bedak yang nantinya dipakai.

Panas dari sinar matahari akan dapat merusak kulit wajah kita. Kita sangat disarankan untuk selalu memakai tabir surya. Untuk kulit wajah yang berminyak ada trik yang harus kita ketahui supaya wajah tidak menjadi lebih berminyak karenanya.

Cara yang paling jitu untuk membuat wajah menjadi tidak berminyak adalah dengan memakai tisu. Tisu kita tekan-tekankan secara pelan di kulit wajah kita yang sudah diolesi dengan tabir surya tersebut. Barulah setelahnya kita dapat mulai ber make up.

Tips Make up untuk Kulit Berjerawat

Jerawat akan sangat berpotensi menjadi masalah yang sangat besar. Karena dengan adanya jerawat akan sangat berpengaruh pada penampilan kita dan kepada rasa kepercayaan diri kita pula. Imbasnya juga pada saat kita ber make up.

Jenis kulit wajah berjerawat ini termasuk di dalam kategori kulit wajah yang sangat peka. Tidak semua produk make up dapat masuk ke dalam jenis kulit ini. Karena kalau tidak cocok, akan membuat kulit wajah menjadi lebih parah. Bisa-bisa akan semakin banyak jerawat yang tumbuh.

Namun bukan berarti seseorang yang berjerawat tidak boleh menggunakan make up. Seseorang masih dapat merias wajahnya yang berjerawat dengan menggunakan cara yang benar. Dan ini berlaku jika dia akan bepergian saja. Selengkapnya Tips merawat kulit yang berjerawat

Jika tidak ada acara ke suatu tempat, tidak bepergian ke pesta,  yang mengharuskan kita untuk bermake up, maka kita harus membiarkan kulit wajah kita yang berjerawat tersebut untuk bernafas sejenak, tidak menggunakan make up sama sekali. Hal ini dilakukan supaya wajah kita bisa selalu segar.

Untuk jenis kulit wajah yang berminyak ini, ada banyak tahapan yang harus dilakukan pada saat menggunakan make up. Semua tahapan harus dilakukan dengan baik dan benar. Tujuannya supaya hasil yang nantinya didapat bisa sesuai yang kita inginkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan wajah kita dengan menggunakan scrub. Scrub yang dipakai haruslah alami, yang bisa kita buat sendiri. Kita dapat membuatnya dari madu, susu dan havermut.

Face scrub di sini fungsinya untuk mengeluarkan sel-sel kulit yang mati dari dalam wajah kita yang berjerawat tadi. Mengeluarkan kotoran-kotoran yang terdapat di dalam kulit wajah. Karena biasanya di dalam kulit wajah yang berjerawat lebih banyak terdapat kotoran.

Setelah memakai scrub, tahap selanjutnya adalah mengurangi kelebihan air dan minyak di wajah, dengan cara menepuk dengan pelan dengan kain yang lembut. Sesudah itu kita bisa memakai pelembab. Kita diamkan sebentar. Baru setelah itu concealer dapat kita pakai.


Penggunaan concealer di sini fungsinya supaya jerawat kita tidak terlihat, seakan-akan hilang. Setelah concealer kita gunakan secara merata, barulah kita bisa oleskan foundation ke wajah dan leher kita.


Kemudian untuk tahap selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah memakai bedak. Bedak yang kita gunakan di sini haruslah yang berbentuk tabur, jangan daalam bentuk 2 way cake. Karena minyak yang berlebihan dapat diserap dengan bedak tabur ini.

Karena kulit wajah kita ditumbuhi jerawat, maka kita tidak boleh menggunakan produk shimmer dan blush on. Terutama kalau kita mempunyai jerawat yang tumbuh di seputaran pipi. Akan semakin memperlihatkan adanya jerawat. Baca juga : Tips memilih produk kecantikan untuk mencegah berjerawat

Kita harus lebih menonjolkan riasan di bagian mata dan bibir kita supaya orang-orang akan lebih fokus ke kedua bagian itu daripada ke jerawat kita. Warna eye shadow dan lipstik yang kita pakai haruslah warna yang natural, warna yang terang. Namun kita hanya boleh menggunakan 1 warna terang saja pada salah satunya.

Hal terakhir yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan selalu membersihkan make up kita. Hal ini kita lakukan setiap malam sebelum kita terlelap. Gunanya supaya kulit wajah kita dapat bernafas. Dan juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jerawat.


Demikian beberapa tips make up untuk kulit berminyak dan berjerawat, semoga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah kulit berminyak anda.