6 Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Komedo adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Meskipun pada dasarnya komedo tidak menimbulkan rasa sakit, namun masalah pada kulit ini cukup menganggu karena tumbuhnya komedo dapat mengurangi penampilan. Orang-orang yang terserang komedo biasanya akan mencari cara menghilangkan komedo dengan bahan alami karena diniali lebih aman tanpa efek samping. Komedo sendiri adalah sebuah penyumbatan yang terjadi pada bagian pori-pori kulit yang mengakibatkan munculnya benjolan kecil yang biasanya berwarna putih yang pada umumnya disebut dengan whiteheads, dan untuk yang berwarna hitam biasa disebut dengan blackheads. Komedo ini biasanya tumbuh pada bagian kulit dan juga wajah.

cara menghilangkan komedo dengan bahan alami
image by: dmatxi.com

Namun komedo juga kadang-kadang tumbuh dengan warna kuning. Area kulit yang biasanya ditumbuhi oleh komedo antara lain wajah, hidung, dan juga area sekitar mata. Komedo tidak hilang begitu saja. Bila tidak segera ditangani, komedo akan berkembang menjadi jerawat. Komedo umumnya muncul pada anak-anak remaja yang sedang mengalami masa pubertas, atau pada orang-orang dewasa bisa juga terjadi akibat kadar hormon yang memproduksi sebum berlebih. Sebum pada dasarnya mempunyai fungsi untuk melembabkan kulit. Sebum keluar melalui pori-pori kulit yang membuka sebagai pelembab kulit. Terkadang sebum bisa menjadi tersumbat dan tidak bisa keluar melalui pori-pori kulit, berawal dari situlah bakteri-bakteri menumpuk dan memicu tumbuhnya komedo.

Saat ini ada banyak sekali produk-produk kecantikan yang beredar yang  dapat dimanfaatkan untuk  menghilangkan komedo yang banyak tumbuh di wajah. Pada umumnya  produk-produk kecantikan itu menawarkan solusi untuk menghilangkan komedo dan jerawat yang mengganggu dengan cara yang cepat serta mudah. Namun menggunakan produk-produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan kimia, biasanya akan menimbulkan efek samping bagi yang menggunakan. Namun bagi anda yang mempunyai masalah dengan komedo maupun jerawat ada banyak cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa anda gunakan.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan produk-produk kecantikan. Produk-produk kecantikan biasanya mengandung banyak bahan kimia yang bila banyak terpapar pada kulit, justru akan membahayakan kesehatan kulit.

1. Pepaya Bermanfaat Mengangkat Sel Kulit yang Mati

Buah pepaya adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Buah pepaya pada umumnya dimanfaatkan buahnya sebagai buah pencuci mulut. Namun buah ini juga  mempunyai manfaat lain bagi kesehatan. Selain dapat dimakan, buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan.

Memanfaatkan buah pepaya adalah salah satu cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Pepaya mengandung banyak kandungan nutrisi yang begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keunggulan dari buah pepaya yaitu buah ini ampuh untuk dapat mengatasi tumbuhnya komedo di kulit wajah. Salah satu zat penting yang terkandung dalam pepaya yaitu papain. Papain sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel pada kulit yang sudah mati. Selain papain, zat penting lain yang  terkandung dalam pepaya adalah proteolitik. Proteolitik yang terkandung dalam buah pepaya ampuh untuk dapat menghilangkan jerawat dan juga komedo.

cara menghilangkan komedo dengan buah pepaya
image by: organicfacts.net

Cara menggunakan pepaya sebagai bahan penghilang komedo dan jerawat cukup mudah. Cukup sediakan buah pepaya yang matang, tidak terlalu muda namun juga tidak terlalu matang. Potong-potong buah pepaya tersebut, kemudian lembutkan, hingga teksturnya menjadi seperti bubur. Jadikan pepaya yang sudah dihaluskan tadi menjadi masker pada kulit wajah. Oleskan masker pepaya itu pada area yang terdampak komedo secara merata. Diamkan beberapa saat. Setelah dirasa cukup, bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. Anda bisa mengoleskan masker pepaya ini pada pagi hari ketika bangun tidur dan pada malam hari saat menjelang tidur.

2. Baking Soda Ampuh Membersihkan Bakteri serta Kotoran Pada Wajah

Baking soda biasanya digunakan sebagai bahan dapur. Namun selain dimanfaatkan sebagai bahan dapur, ternyata baking soda juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya kesehatan kulit. Baking soda memiliki manfaat untuk bisa membersihkan kulit wajah dari bakteri-bakteri dan juga kotoran yang menempel pada kulit wajah. Memanfaatkan baking soda adalah salah satu cara menghilangkan komedo dengan bahan alami, karena baking soda sendiri merupakan bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh selama penggunaannya tidak berlebih dan dengan prosedur yang tepat.

Baking soda banyak mengandung zat-zat penting yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan juga berguna untuk menghilangkan komedo.

cara menghilangkan komedo dengan baking soda
image by: care2.com

Cara memanfaatkan baking  soda sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat dan komedo sangat mudah. Cukup siapkan baking soda sebanyak 1 sendok makan, dan air  mineral sebanyak 2 sendok makan. Campurkan baking soda dan juga air mineral tersebut menjadi satu, kemudian aduk hingga rata. Jadikan adonan baking soda tersebut sebagai masker wajah. Oleskan adonan baking soda tersebut pada bagian wajah yang terserang komedo secara rata. Diamkan olesan masker tersebut selama kurang  lebih 15 sampai 30 menit. Setelah dirasa cukup bilas wajah yang terpapar masker tersebut dengan air hangat. Air hangat berfungsi untuk menutup pori-pori kulit. Lakukan langkah ini secara rutin kurang lebih 2 hari sekali. Bila langkah ini dilakukan dengan teratur maka komedo akan menghilang secara perlahan-lahan.

3. Lidah buaya Bermanfaat meminimalkan Peradangan Komedo

Bahan alami lain yang juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo yaitu Lidah buaya. Tanaman lidah buah memiliki nama latin aloe vera. Tanaman ini awalnya  berasal dari Barbados, Amerika Tengah. Sejak dahulu lidah buaya memang dimanfaatkan sebagai tanaman untuk obat tradisional. Tanaman ini mengandung banyak sekali senyawa kimia yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Senyawa kimia aktif yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya antara lain mineral, polisakarida, enzim, asam amnino, serta banyak sekali vitamin.

cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya
image by: wikimedia.org

Lidah buaya juga  banyak mengandung zat lignin. Zat lignin ini sangat berguna untuk dapat mencegah kulit kering. Kandungan lignin yang terdapat pada tanaman ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kelembaban dari kulit. Zat lignin pada lidah buaya ini juga swering dimanfaatkan oleh banyak produsen produk-produk kecantikan.

 Untuk  dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan penghilang komedo dan jerawat, caranya pun cukup sederhana. Cukup sediakan tanaman lidah buaya sebanyak 1 batang saja. Kemudian belah menjadi 2. Bersihkan terlebih dahulu area muka yang terkena komedo. Paparkan getah lidah buaya pada area muka yang terkena komedo. Biarkan sampai mengering. Setelah getah lidah buaya yang dipaparkan pada muka tersebut sudah mengering, kemudian cuci muka dengan air bersih. Lakukan langkah-langkah ini secara rutin. Bila langkah-langkah ini dilakukan secara rutin, maka komedo pun lama-kelamaan akan menjadi kering dan kemudian akan menghilang secara perlahan-lahan.

4. Lemon Efektif Mengatasi Komedo

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lain yang dapat dipraktekkan yaitu dengan memanfaatkan buah lemon. Lemon adalah salah satu jenis buah yang memiliki seribu manfaat. Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan buah ini. Buah lemon mempunyai nama ilmiah yaitu citrus lemon. Lemon ini masih termasuk ke dalam famili rutaceae, dengan genus citrus, jenis jeruk lain yang termasuk dalam genus ini antara lain jeruk bali, grapefruit, dan jeruk biasa. Lemon adalah buah dengan ukuran terkecil jika dibandingkan dengan jeruk lain dalam genus citrus. Meskipun begitu, lemon memiliki manfaat yang begitu besar, terutama dalam bidang kecantikan seperti menghilangkan komedo, mencerahkan kulit sampai menyamarkan noda hitm bekas jerawat. Jeruk lemon banyak digunakan sebagai bahan-bahan obat tradisional untuk dapat meredakan berbagai penyakit.

cara menghilangkan komedo dengan lemon
image by: care2.com

Untuk dapat memanfaatkan buah lemon sebagai penghilang komedo caranya cukup mudah. Siapkan perasan buah lemon, minyak almond, serta gliserin. Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi 1 dengan menggunakan blender. Setelah itu oleskan bahan campuran tersebut pada area yang terserang komedo. Oleskan secara rata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah dirasa kering, bilas muka menggunakan air bersih. Cara ini juga bisa dilakukan bila anda mempunyai keluhan dengan noda hitam pada wajah.

Anda juga bisa membuat scrub dengan bahan lemon. Cara membuatnya juga cukup mudah. Cukup siapkan air lemon, madu, yogurt dan juga air garam. Campurkan keempat bahan-bahan tersebut menjadi satu, aduk dengan rata. Setelah menyatu, gunakan scrub tersebut pada area wajah yang ditumbuhi komedo dan jerawat. Oleskan secara merata. Gunakan scrub berbahan alami ini secara teratur. Dalam beberapa hari, maka komedo hilang secara bertahap.

Jeruk lemon banyak mengandung alpha-hydroxy. Alpha-Hydroxy merupakan asam yang berfungsi mencegah tumbuhnya jerawat dan komedo pada kulit. Asam sitrat yang terdapat pada buah lemon dapat mengencangkan pori-pori kulit.

5. Teh Hijau Mampu membasmi bakteri yang menyebabkan Komedo

Bahan herbal lain yang sangat bisa dimanfaatkan untuk meghilangkan komedo pada kulit wajah yaitu teh hijau. Teh hijau sendiri pada dasarnya dimanfaatkan sebagai minuman. Teh hijau mempunyai banyak manfaat yang begitu berguna bagi kesehatan tubuh. Walaupun biasanya teh hijau hanya digunakan sebagai bahan minuman, namun teh hijau sebenarnya juga mempunyai manfaat lain bagi kecantikan termasuk menghilangkan komedo.

cara menghilangkan komedo dengan teh hijau
image by: eatthis.com

Memanfaatkan teh hijau merupakan salah satu cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang dapat anda coba. Anda dapat memanfaatkan daun teh hijau sebagai scrub alami untuk wajah anda. Cara membuatnya cukup mudah. Campur daun teh hijau menggunakan sedikit air, kemudian hancurkan. Ratakan scrub teh hijau tersebut pada wajah yang terkena komedo. Tunggu selama kira-kira 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Air hangat akan membantu membuka pori-pori kulit agar komedo dapat keluar. Scrub alami ini juga membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, yang juga menjadi pemicu terjadinya jerawat.

6. Masker wajah berbahan putih telur membantu menyerap minyak pada wajah

Telur juga salah satu bahan alami yang juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Putih telur banyak mengandung protein. Dimana zat protein adalah salah satu zat yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Zat protein yang ada pada putih telur mempunyai fungsi untuk membuat kulit wajah lebih halus serta lebih lembut.

cara menghilangkan komedo dengan telur
image by: diet-blog.com

Telur juga bisa digunakan sebagai bahan alami penghilang komedo yang patut untuk dicoba. Telur sendiri juga mengandung banyak sekali nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung pada telur adalah Vitamin E. Vitamin E berguna untuk mengencangkan kulit. Jadi telur adalah bahan alami yang kaya akan kandungan nutrisi yang begitu bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit.

Menggunakan putih telur sebagai masker adalah salah satu cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Cara menggunakan masker putih telur juga cukup mudah. Cukup oleskan  putih telur pada area yang terdampak komedo, anda bisa pula menambahkan madu pada masker tersebut. Setelah teroles merata pada wajah, tunggu sampai kering, selama kira-kira 20 sampai 30 menit. Setelah masker tersebut mengering, kemudian bilas dengan memakai air hangat. Setelah menggunakan masker tersebut wajah anda akan terasa mengencang. Bila perlu lakukan langkah tersebut secara teratur. Setelah pemakaian beberapa kali, maka komedo beserta jerawat pun akan mengering. Komedo dan jerawat pun akan menghilang. Masker ini pun dapat anda gunakan bila anda mempunyai keluhan mata panda. Dengan mengoleskan pada area sekitar mata, maka lingkaran hitam pada matapun akan menghilang dengan sendirinya.

Share On