8 Cara menghilangkan flek hitam di wajah sampai tuntas

Cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik menggunakan prosedur medis, bahan alami sampai obat-obatan, selengkapnya mengenai cara menghilangkan flek hitam bisa anda baca dalam artikel berikut ini.

Flek hitam sendiri disebabkan oleh pigmentasi yang berlebihan. Pigmentasi ini dikarenakan adanya proses pembentukan melanin yang berlebihan. Melanin merupakan zat protein yang berfungsi untuk menentukan warna kulit. Diproduksi oleh sel melanosit yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.
Cara menghilangkan flek hitam
image by: humannhealth,com

Penyebab Terjadinya Flek Hitam

Meskipun flek hitam bukan masalah yang serius, namun flek hitam akan mengganggu penampilan seseorang. Namun sebelum anda memikirkan bagaimana cara menghilangkan flek hitam, anda harus terlebih dulu mengetahui penyebab terjadinya flek hitam tersebut. Dan berikut beberapa penyebab munculnya flek hitam.

1. Sinar Matahari

Munculnya flek hitam 90% disebabkan oleh matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan akan menimbulkan bintik - bintik hitam pada wajah yang sebagian besar bisa kita jumpai pada seseorang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Akan tetapi pada saat ini, flek hitam juga bisa muncul pada seseorang yang berusia muda sekalipun.

2. Polusi

Seseorang yang hidup di kota besar lebih rentan terkena flek hitam. Hal ini dikarenakan tingkat pencemaran udara juga lebih besar. Sedangkan polusi udara yang kotor merupakan salah satu hal yang dapat merusak kulit. Sel di dalam tubuh kita memproduksi antioksidan lalu melepaskan melanin guna menangkal zat berbahaya yang mampu menimbulkan kerusakan pada kulit. Dengan adanya polusi udara kotor dalam jumlah banyak, tentunya akan membuat sel tubuh kita bekerja ekstra dalam memproduksi melanin.

3. Parfum

Ternyata menggunakan parfum pada saat terik matahari bisa memicu timbulnya flek hitam. Ini dikarenakan umumnya parfum mengandung photosensitizer yang mampu membuat kulit lebih berpotensi terkena paparan sinar UV. Sehingga semakin memperkuat pigmentasi pada kulit.

4.  Faktor Hormonal

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan, menopause, sedang mengkonsumsi pil atau suntik KB juga rawan terkena flek hitam. Hal ini terjadi karena hal tersebut mempengaruhi hormon pada wanita yang merupakan salah satu pemicu timbulnya flek hitam.

5.  Pasca Inflamasi

Flek hitam bisa saja pada kulit pada saat kulit mengalami trauma yang disebabkan oleh luka bakar, jerawat dan juga perawatan kulit yang terlalu berat bagi kulit.

Selain ke lima faktor diatas. Beberapa faktor lain seperti faktor genetik, penggunnaan obat antibiotik, serta penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, asam salisilat juga menjadi penyebab timbulnya flek hitam.

Tips Mencegah flek hitam di wajah

Sebelum flek hitam merusak keindahan kulit dan juga keperyaan diri anda, ada baiknya melakukan upaya pencegahan. Berikut ada beberapa cara menghilangkan flek hitam.

1. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Penggunaan tabir surya merupakan langkah tepat menghilangkan flek hitam. Sekarang ini banyak sekali krim tabir surya di pasaran yang bisa anda gunakan pada wajah dan juga tubuh untuk melindungi kulit anda dari bahaya paparan sinar UV. Selalu gunakan krim tabir surya ketika anda akan beraktifitas di luar ruangan yang rawan terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, cara menghilangkan flek hitam anda juga bisa menggunakan topi lebar, sun glasses dan juga pakaian panjang untuk melindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari.

2. Menjaga Kebersihan Kulit

Kebersihan kulit juga menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam. Selalu bersihkan wajah setelah anda beraktifitas dari luar rumah. Bersihkan make up secara menyeluruh sebelum anda tidur malam. Lakukan double cleansing agar kulit wajah bebas dari debu dan kotoran secara maksimal. Selalu usahakan kulit wajah anda dalam keadaan bersih ketika tidur,

3. Menjaga Asupan Makanan

Cara mencegah timbulnya flek hitam bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena mampu membantu kulit anda menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu flek hitam.

Berikut beberapa jenis makanan kaya antioksidan yang bisa anda konsumsi setiap hari.

  • Buah: Blueberry, Blackberry, Strawberry, Kismis Merah, Anggur Merah, Plum, Chery, Aprikot, Jeruk, Apel
  • Sayuran: Brokoli, Kubis, Kol, Sawi Hijau, Lobak, Tomat, Paprika Merah, Terong, Wortel
  • Kacang - kacangan: Almond, Kenari, Kacang Merah
  • Biji – bijian: Gandum, Beras Merah
  • Bumbu: Bawang Putih, Bawang Merah, Cabai, Kunyit, Jahe
  • Minyak: Minyak Zaitun, Minyak Kenari

Selain yang sudah disebutkan diatas, teh hijau juga menjadi salah satu yang bisa anda konsumsi setiap hari karena kaya akan antioksidan. Dengan mengkonsumsi makanan mengandung antioksidan, itu artinya anda sudah menemukan cara yang tepat menghilangkan flek hitam.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan prosedur medis

Cara menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan cara alami maupun secara prosedur medis. Cara alami yang bisa anda lakukan antara lain menggunakan buah lemon, semangkan, putih telur dan cuka sari apel sebagai bahan masker alami. Sedangkan menghilangkan flek hitam secara medis, bisa anda lakukan dengan beberapa cara.

1. Peeling (Pengelupasan Kulit)

Peeling menjadi Cara menghilangkan flek hitam yang pertama. Pengelupasan Kulit bisa anda mulai dengan melakukan ekfoliating menggunakan pembersih yang mengandung butiran atau partikel kecil. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar flek hitam pada anda bisa mengelupas. Anda bisa juga menggunakan alat pengelupasan kulit seperti Clarisonic.

2. Chemical Peeling


Chemical Peeling bisa anda lakukan jika peeling dirasa belum mampu untuk mengatasi flek hitam pada wajah anda. 
Ada beberapa kategori dalam Chemical Peeling, yaitu :
Cara menghilangkan flek hitam dengan chemical peeling
image by: chemicalpeel.org

  • Chemical Peeling Ringan: MenggunaKan Asam Alpha Hidroxy, Asam Glikolat dan Asam Laktat.
  • Chemical Peeling Medium: Menggunakan Asam Trikoloasetat. Untuk hasil maksimal, lakukan peeling ini setiap 2 minggu sampai flek hitam menghilang.
  • Chemical Peeling Mendalam: Menggunakan Fenol. Peeling ini bisa memakan waktu sampai dengan beberapa bulan, tergantung pada tingkat keparahan flek hitam pada wajah anda.

3. Pengobatan Topical Acid

Cara menghilangkan flek hitam yang kedua adalah Topical Acid. Mengandung Alpha Hidroxy Acids dan retinoid. Berfungsi untuk menghilangkan lapisan kulit mati, merangsang proses peremajaan kulit sehingga tergantikan oleh sel kulit baru.  Perawatan ini bisa anda dapatkan melalui resep dokter dan bisa dilakukan pada semua jenis hiperpigmentasi.

4. Microdermabrasion

Microdermabrasion merupakan pengobatan flek hitam yang dilakukan dengan cara mengangkat sel kult mati menggunakan vacum microdermabrasion untuk mencerahkan flek hitam dan bekas jerawat serta menghaluskan kulit. Perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Selain itu, perawatan ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Dikarenakan proses penyembuhan kulit membutuhkan waktu.

Cara menghilangkan flek hitam dengan laser

Perawatan laser adalah salah satu perawatan yang paling baru terkait dengan perawatan untuk menghilangkan flek hitam akibat dari penuaan. Untuk merawat flek hitam sesungguhnya tidak semuanya sama. Hal ini disesuaikan dengan parahnya bintik hitam yang muncul di wajah anda. Pada dasarnya perawatan laser untuk bintik hitam ada 3 jenis, jenis-jenis perawatan laser ini di pilih berdasarkan tingkat keparahan dari flek hitam itu sendiri. Ada yang untuk perawatan flek hitam pada stage awal, untuk flek dengan kadar menengah dan juga flek hitam yang sangat hitam dan berada di lapisan kulit yang cukup dalam.
cara menghilangkan flek hitam dengan laser
image by: fentanylpatch.org

Lalu bagaimana cara laser bekerja? Laser adalah salah satu sorotan sinar yang berbeda dengan pancaran sinar. Sinar laser yang difokuskan pada titik-titik tertentu pada wajah dapat digunakan untuk menghancurkan pigmentasi yang ada di kulit tersebut. Oleh karena itu flek hitam yang bisa dihancurkan dengan menggunakan laser bukan hanya flek hitam yang berada di wajah akibat penuaan tapi juga tanda lahir bahkan noda hitam yang terjadi karena luka seperti luka bekas jerawat. Meskipun menghilangkan pigmentasi yang berlebihan, penggunaan sinar laser tidak akan merusak kesehatan kulit anda, jadi anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan sinar laser selama ditangani oleh tenaga profesional. Baca juga cara menghilangkan bekas luka sampai tuntas

Perawatan setelah melakukan prosedur laser untuk flek hitam
Perawatan untuk flek hitam bisa dilakukan dengan waktu yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan luas dan juga keparahan flek hitam yang dialami. Setelah melakukan perawatan laser ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal yang paling utama setelah melakukan perawatan laser adalah dengan mengindari paparan matahari pada area-area yang sedang di treatment. Lagi-lagi penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi area kulit setelah melakukan perawatan dan juga menghindari kembalinya bintik hitam di wajah setelah melakukan perawatan.

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami

Jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk mengatasi flek hitam dengan prosedur medis di atas, menggunakan bahan alami bisa menjadi pilihan.  Cara ini ditempuh untuk mengurangi efek samping dan juga tentunya lebih murah karena cukup memanfaatkan bahan-bahan di sekitar anda. apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah?
cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami
image by: anacortesoilandvinegarbar.com

1. Lemon

Buah lemon mengandung banyak sekali zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa-senyawa kimia yang terkandung di dalam buah lemon di antaranya yaitu vitamin C, polifenol, naringin, hesperidin, terpenes, diosmin, dan eriositrin. Vitamin C sudah dikenal sejak lama mampu mencerahkan kulit secara alami, tentunya jika hal ini diterapkan secara teratur pada wajah maka akan membantu menyamarkan flek hitam.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang diketahui cukup ampuh dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Pemanfaatannya pun juga cukup mudah yaitu dengan mencampur cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 2 air 1 cuka sari apel. Setelah itu terapkan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan hingga 30 menti setelah itu bersihkan dengan air.

3. Putih telur 

Masker dari putih telur diyakini dapat mengobati flek hitam bekas jerawat yang biasanya cukup sulit dihilangkan.  Selain murah, pemanfaatan putih telur juga sangat mudah. Caranya: Balurkan putih telur yang sudah dikocok pada wajah anda hingga merata termasuk yang tidak terdapat flek hitam. Tunggu hingga mengering kira-kira 20-30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

Share On