5 Cara mengatasi kulit wajah berminyak

Cara mengatasi kulit wajah berminyak
image: menshealth.co.uk

Masalah kulit wajah yang sering terjadi di Indonesia adalah kulit wajah yang berminyak dan menyebabkan terjadinya masalah jerawat. Jerawat yang muncul karena kulit wajah yang terlalu berminyak ini bisa meninggalkan bekas-bekas luka yang kurang menarik di wajah anda. Jika hal ini menjadi masalah anda, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan menghilangkan faktor utama penyebab utamanya yaitu dengan mengatasi kelebihan minyak atau sebum yang ada di wajah anda. Cara mengatasi kulit wajah berminyak bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah membaut wajah menjadi kering. Padahal, hal ini bukanlah hal yang benar dan dapat menyebabkan masalah baru. Kulit yang kering juga bukan merupakan tanda dari kulit yang sehat. Kulit kering dapat menyebabkan masalah-masalah yang yang baru seperti jerawat dan juga kulit yang menua. Oleh karena itu berikut ini adalah pengertian mengenai kulit berminyak, penyebabnya dan juga cara mengatasinya agar anda bisa tampil lebih prima.

Penyebab kulit wajah berminyak

Kulit yang berminyak dapat disebabkan karena 2 hal yaitu karena faktor dalam diri dan juga faktor lingkungan. Faktor utama dari munculnya kulit berminyak sesungguhnya adalah karena faktor keturunan. Mereka yang memiliki keturunan kulit yang berminyak memiliki kemungkinan lebih besar juga memiliki kulit yang berminyak. Selain dari keturunan, kulit wajah yang berminyak juga bisa disebabkan karena faktor hormonal seperti siklus menstruasi tiap bulan, kehamilan dan juga penggunaan obat pencegah kehamilan. Selain dari dalam diri, penyebab kulit yang berminyak juga bisa berasal dari adanya kelembaban udara yang tinggi serta hawa yang panas.

Selain karena faktor-faktor yang telah disebutkan diatas, masih ada satu hal lagi yang bisa menyebabkan anda memiliki kulit wajah yang berminyak. Faktor ini adalah faktor stress. Stress adalah salah satu hal yang dapat memicu banyak penyakit, salah satunya adalah pemicu kulit wajah yang berminyak. Stress yang bisa memicu kulit yang berminyak ini bisa disebabakn karena stress pikiran atau stress fisik.

Komplikasi masalah kulit berminyak

Kulit yang berminyak dengan kadar yang berlebih bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah yang lebih jauh, salah satunya adalah masalah jerawat. Jerawat adalah masalah yang timbul ketika anda memiliki wajah yang berminyak sehingga mudah tertempel bakteri penyebab jerawat. Selain masalah jerawat, kondisi kulit wajah yang memiliki minyak berlebih juga bisa menjadi penyakit yang disebut dengan seborrhoeic dermatitis. Seborrhoeic dermatitis adalah sebuah kondisi dimana kulit menjadi merah dan berminyak. Kondisi ini juga menyebabkan terbentuknya kulit-kulit mati yang mirip dengan ketombe. Seborrhoeic dermatitis umumnya akan menyerang kepala dan juga bagian wajah seperti alis. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika tidak segera mencari cara mengatasi kulit berminyak seborrhoeic dermatitis akan menyebar hingga ke bagian dada. Oleh karena itu jika anda memiliki kulit yang berminyak dengan kadar yang berlebih, anda harus segera mencari pertolongan dan juga cara mengatasi minyak di wajah anda.

Cara merawat kulit berminyak

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang benar dilakukan dengan mengontrol minyak berlebihan yang ada di kulit bukan menghilangkannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menghilangkan minyak di kulit dan membuat kulit menjadi kering bisa menyebabkan anda mengalami masalah kulit yang baru. Oleh karena itu cara yang paling tepat adalah mengontrol minyak berlebih yang anda miliki bukan menghilangkannya.

Untuk mengatasi kulit yang berminyak ada beberapa langkah pasti yang harus anda lakukan. Yaitu memilih skin care yang tepat. Untuk kulit yang berminyak, skin care yang tepat adalah skin care yang dapat membantu anda mengatasi masalah penyumbatan di pori-pori anda. Anda mungkin perlu mengunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit anda dan menggunakan sabun yang dapat membantu anda mengurangi penyumbatan pori untuk mencegah terjadinya jerawat. Yang paling penting adalah hindari produk yang terlalu keras untuk kulit anda. Produk-produk yang terlalu keras untuk kulit wajah berminyak adalah produk-produk yang bisa menyebabkan kulit kehilangan minyaknya sama sekali dan menyebabkan kulit mengelupas. Mengapa hal ini tidak boleh dilakukan? Cara mengatasi kulit berminyak dengan membuat kulit menjadi kering ini akan menyebabkan kelenjar kulit bekerja lebih keras untuk menghasilkan minyak agar kelembaban kulit dapat terjaga, kerja keras yang dilakukan oleh kelenjar minyak ini bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi makin buruk dan menyebabkan munculnya minyak berlebih.

Untuk membersihkan kulit yang berminyak ada baiknya anda menghindari pembersih yang menyebabkan kulit dehidrasi. Ada baiknya anda mencoba menggunakan cleanser yang yang berbahan dasar minyak. Bahan dasar minyak sebagai cleanser dapat mengurangi masalah sebum atau minyak wajah secara efektif. Setelah itu, pilihlah moisturizer yang tidak mengandung minyak sehingga kulit anda bebas dari efek berkilau.

Ketika anda ingin mengatasi masalah kulit wajah berminyak, menjaga kulit agar tetap bersih merupakan hal yang penting, akan tatapi jangan terlalu sering membasuh wajah anda dengan menggunakan sabun. Maksimal lakukan cuci muka 3 kali sehari. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya. Kulit yang terlalu kering akan menyebabkan kulit terpaksa menghasilkan minyak lebih banyak lagi.

Brakeout sebagai efek kulit wajah berminyak: Seperti yang telah disebutkan di atas, kulit wajah yang berminyak harus dijaga kebersihannya dengan sangat. Hal ini disebabkan karena kulit wajah yang berminyak dapat menyebabkan terjadinya brake out atau masalah keluarnya jerawat dalam jumlah yang banyak di seluruh wajah anda. Untuk menghindari terjadinya brake out pada kulit wajah yang berminyak berikut ini adalah hal yang bisa anda lakukan :

Membersihkan dengan lembut: Cara mengatasi kulit wajah yang berminyak, pertama anda harus membersihkan kulit dengan lembut. Membersihkan kulit dengan lembut artinya menggunakan produk-produk yang lembut dan tidak memaksa kulit untuk menjadi sesuatu yang lain misal agar lebih kering. Hindari penggunaan sabun yang memiliki pH yang lebih tinggi dari pH kulit karena akan menyebabkan kulit anda menjadi terlalu kering. Hindari juga penggunakan produk yang memiliki srub, produk yang menggunakan scrub di kulit anda bisa menyebabkan kulit anda lebih mudah berjerawat.

Membersihkan alat make up: Bagi anda yang memiliki kulit yang mudah berjerawat dan juga memiliki kulit yang berminyak salah satu cara untuk menghindari jerawat adalah dengan membersihkan pelengkapan make up anda dengan baik. Anda bisa membersihkan alat make up anda sebanyak 2 minggu sekali untuk kuas dan 1 minggu sekali untuk sponge anda. Baca juga Tips make up untuk kulit berminyak

Pilih make up yang tepat: Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah dengan memilih make up yang tepat. Make up yang tepat adalah make up yang tidak menyebabkan pori-pori anda tersumbat dan juga tidak menyebabkan tambahan minyak pada kulit anda.

Hindari menyentuh wajah: Hal ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Mengingat tangan selalu digunakan untuk menyentuh banyak benda yang belum tentu kebersihannya. Oleh karena itu hindarilah menyentuh wajah anda untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam kulit anda.

Share On