Cara menghilangkan bekas jerawat dengan perawatan laser

perawatan laser untuk menghilangkan bekas jerawat
Bekas luka akibat jerawat memang sulit untuk diobati dengan cara biasa, terutama jika membentuk jaringan parut yang pastinya tidak akan bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan bahan alami saja. Untuk itu perlu dilakukan tindakan medis untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat tersebut, dan salah satunya dengan melakukan perawatan laser.

Perawatan laser untuk menghilangkan bekas jerawat adalah pendekatan non-invasif untuk pengobatan luka bekas jerawat. Ini merupakan salah satu alternatif yang sangat baik dibandingkan metode bedah karena merupakan metode cepat yang bisa dilakukan dan memiliki hasil yang cukup baik. Selain digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, perawatan laser juga dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Perawatan laser untuk menghilangkan bekas jerawat memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis perawatan laser yang bisa anda gunakan untuk mengatasi luka bekas jerawat:

Jenis-Jenis perawatan laser

Perawatan Laser Fractional: Perawatan laser jenis ini umumnya dilakukan untuk meratakan permukaan kulit yang mampu menargetkan lapisan kulit lebih dalam. Tujuan utama dari perawatan ini adalah memperbaiki permukaan kulit tidak rata yang diakibatkan oleh luka bekas jerawat seperti jaringan parut.

Perawatan Laser CO2: Juga dikenal sebagai laser karbon dioksida yang merupakan metode untuk mengobati masalah kulit seperti bekas luka, kutil atau keriput. Sebelum melakukan perawatan laser jenis ini, permukaan kulit akan diberikan semacam krim wajah untuk membuatnya mati rasa. Setelah itu barulah perawatan laser akan dilakukan. Bila Anda memilih metode ini untuk menghilangkan bekas jerawat, perawatan luka yang tepat sangat penting untuk mencegah pembentukan keropeng.

Perawatan Laser Erbium: Dibandingkan dengan laser CO2, metode ini memungkinkan untuk bisa pulih lebih cepat, karena biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Metode ini juga memiliki efek samping lebih ringan seperti pembengkakan, memar dan kemerahan.

Pixilation: Jika Anda ingin menargetkan titik-titik tertentu saja untuk menghilangkan bekas jerawat, maka metode ini bisa menjadi pilihan yang baik. Karena perawatan laser jenis ini menggunakan pin ukuran poin laser yang difokuskan hanya pada daerah bekas luka saja.

Efek samping secara umum

Beberapa orang yang pernah mengalami perawatan laser melaporkan jika mereka mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama pengobatan. Tergantung pada jenis perawatan laser yang digunakan, pasien melaporkan mereka mengalami  kemerahan pada kulit wajah setelah pengobatan serta beberapa peradangan termasuk pengelupasan kulit bahkan kadang-kadang sampai pengerasan kulit. Selain itu anda juga harus menghindari sinar matahari langsung selama 30 jam setelah perawatan untuk meminimalkan efek tersebut. Perawatan laser CO2 diketahui yang paling banyak memberikan efek samping dibandingkan yang lain. Meskipun demikian jika prosedur yang dilakukan sudah sesuai Insya Allah efek samping tersebut bisa dikurangi.

Cara kerja perawatan laser

Perawatan laser untuk bekas jerawat tersebut menggunakan cahaya kuat yang mampu menembus lapisan kulit. Sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan sel pembaharuan sekaligus mengencangkan kulit. Kemudian lapisan yang rusak dari kulit akan dihilangkan, sehingga akan membuat lapisan kulit baru yang di bawahnya akan muncul kembali.

Perawatan biasanya memakan waktu hingga satu jam, tergantung besar kecilnya daerah yang memerlukan perawatan. Tidak seperti prosedur bedah, setelah melakukan perawatan laser anda sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa, hanya saja kulit anda tetap membutuhkan perawatan khusus. Perlu diingat bahwa prosedur laser akan dibagi menjadi beberapa sesi, sehingga perlu diulang beberapa kali.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan laser

  • Kondisi keuangan anda: Prosedur laser untuk menghilangkan bekas jerawat ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu. Selain itu, seperti yang sudah kita ketahui jika perawatan laser perlu diulang beberapa kali dan membutuhkan perawatan khusus sehingga akan cukup menguras kantong.

  • Tingkat keparahan bekas jerawat: Saran saya jika bekas jerawat yang anda alami tidak begitu parah dan hanya berupa flek hitam atau kemerahan saja, sebaiknya gunakan cara alami terlebih dahulu untuk mengatasinya, karena cara alami lebih aman dan sangat minim efek samping. Selengkapnya bisa anda baca 13 Cara menghilangkan bekas jerawat

  • Memperhatikan efek samping: Memang secara umum, setelah melakukan perawatan laser anda sudah bisa beraktivitas seperti biasa tidak seperti prosedur bedah yang membutuhkan waktu lama dalam proses pemulihannya. Meskipun demikan tetap saja anda harus memperhatikan beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dalam perawatan laser tersebut agar anda bisa lebih mempersiapkan diri.

Perhatian dan saran

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan prosedur laser, tanyakan dulu kepada dokter kulit Anda tentang perawatan yang tepat untuk jenis jerawat yang anda alami sekaligus minta dokter anda untuk menjelaskan efek samping yang ditimbulkannya dan kemungkinan komplikasi yang terjadi selama dan setelah prosedur. Simak juga Cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya

Dan yang tidak kalah penting, pilihlah tempat perawatan yang benar-benar terpercaya atau profesional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai maksud anda untuk mempercantik kulit wajah justru berakhir sebaliknya.

Share On