Tips merawat kulit yang berjerawat

Tips merawat kulit yang berjerawat
Banyak orang hanya berfokus mengenai bagamana cara menghilangkan jerawat, tetapi kebanyakan dari mereka kurang begitu memperhatikan bagaimana cara merawat kulit yang sudah terlanjur atau rentan mengalami jerawatan. Padahal kalau kulit sudah terkena jerawat maka membutuhkan perawatan khusus untuk membantu menghilangkan sekaligus mencegah jerawat timbul lagi, beberapa hal yang harus anda lakukan saat memiliki kulit yang berjerawat atau mudah berjerawat adalah:

1. Gunakan pelembab: Pelembab berguna untuk menjaga keseimbangan tingkat kelembaban pada kulit, hal ini berguna mencegah kulit kering yang juga bisa memicu jerawatan. Jika kulit anda sensitif dengan produk kecantikan sebaiknya menggunakan bahan alami seperti madu, alpukat atau minyak zaitun. Madu dan minyak zaitun selain berguna mencegah jerawat juga dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami.

2. Jangan terlalu sering mencuci muka: Jerawat memang lebih banyak disebabkan karena kotoran dan bakteri yang menemel pada kulit, sehingga banyak orang beranggapan jika dengan sering mencuci muka maka akan membantu mencegah dan meringankan jerawat. Jika anda melakukannya tidak berlebih maka tidak masalah, tetapi jika berlebih yang terjadi justru sebaliknya, mencuci wajah terlalu sering akan menghilangkan minyak alami yang itu diperlukan oleh kulit wajah agar tetap lembab.

3. Jangan memencet jerawat: Salah satu hal yang harus anda hindari saat memiliki jerawat adalah memencet atau sering menyentuhnya. Memencet jerawat dapat meninggalkan bekas yang nantinya akan menjadi parut. Sedangkan sering menyentuh jerawat akan membuatnya menjadi semakin meradang sehingga anda harus menghindarinya. Baca selengkapnya hal yang tidak boleh dilakukan pada jerawat.

4. Gunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat: Meskipun ini bukan suatu keharusan tetapi menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat merupakan cara aman yang bisa anda tempuh. Secara umum bahan alami tidak menimbulkan efek samping berarti sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya dalam jangka panjang. Menggunakan bahan alami bukan berarti anda tidak boleh untuk pergi ke dokter, saran dari dokter dan pemeriksaan jerawat secara rutin tetap sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti dan prosedur penanganan yang perlu dilakukan jika ternyata jerawat anda tidak biasa.

5. Pilih produk kecantikan yang tepat: Tidak semua produk kecantikan itu sesuai dengan jenis kulit kita, untuk itu sebaiknya sebelum menggunakan produk kecantikan tertentu anda harus memeriksa label dan juga jenis kulit yang anda miliki. Hal ini penting terutama bagi anda yang terlanjur memiliki jerawat. Baca juga Tips memilih produk kecantikan untuk mencegah jerawat

Beberapa jenis kulit 

1. Kulit normal: Kulit normal adalah jenis kulit yang paling baik, seperti namanya jenis kulit normal tidak mudah kering, berminyak atau sensitif terhadap produk kecantikan. Meksipun demikian tipe kulit normal jika tidak dirawat dengan baik juga dapat mengalami jerawatan sehingga anda tetap harus waspada dan selalu menjaga kebersihannya.

2. Kulit berminyak: Jika anda memiliki tipe kulit seperti ini maka anda harus lebih memperhatikan kebersihannya, karena kulit berminyak lebih rentan mengalami jerawat akibat debu yang mudah menempel sehingga akan menyumbat pori-pori, inilah yang menjadi penyebab jerawat. Sebenarnya secara alami minyak di wajah sangat diperlukan oleh kulit untuk membuatnya tetap lembab secara alami, tetapi jika hal ini berlebih tentu akan memberikan efek yang tidak baik.

3. Kulit sensitif: Tidak kalah sulitnya dengan kulit berminyak tipe kulit sensitif juga harus mendapatkan perawatan lebih, kenapa harus demikian? kulit sensitif umumnya membutuhkan bahan perawatan yang ramah atau tidak memiliki reaksi negatif pada jenis kulit sensitif.

4. Kulit kering: Kulit kering memiliki tingkat sensitifitas tinggi terutama terhadap hawa dingin. Tipe kulit seperti ini membutuhkan pelembab alami yang ramah, untuk mengatasi kulit kering anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai pelembab. Kulit kering juga memiliki potensi besar untuk berjerawat jika tidak dirawat dengan benar.

Jika kulit anda termasuk ke dalam golongan yang mudah berjerawat maka anda harus melakukan perawatan dan juga memperlakukannya secara khusus salah satunya dengan memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda.

Share On