Makanan untuk mencegah munculnya jerawat

Advertisement
Makanan untuk mencegah jerawat
Fenomena jerawat adalah suatu gangguan yang terjadi pada kulit dan muncul biasanya pada leher, wajah, dada, bahu maupun punggung. Jerawat biasanya banyak terjadi dan dialami oleh para remaja, namun tak jarang ternyata juga terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Adanya jerawat ternyata juga bisa memicu perubahan mood, peningkatan emosi serta bekas luka pada kulit. Jerawat pun bisa memengaruhi penampilan Anda dan bisa menurunkan kadar kepercayaan diri seseorang.

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui katanya bisa memicu munculnya jerawat, antara lain coklat serta makanan berlemak seperti gorengan yang berminyak. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tidak ada kaitannya mengonsumsi coklat dan makanan berminyak dengan munculnya jerawat, hanya saja bila konsumsi berlebihan bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Lantas jenis makanan apa sajakah yang ternyata bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah? Mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini untuk mendapatkan informasinya.

Makanan banyak macamnya dan kandungan bagi tubuh, beberapa diantaranya ternyata mampu mencegah jerawat datang di kulit wajah. Berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai makanan untuk mencegah jerawat:

1. Ikan adalah sumber yang baik dan terkandung asam lemak esensial antara lain omega 6 dan omega 3. Kandungan zat ini akan mengurangi intensitas peradangan yang bisa memicu sel menyumbat pori serta menyebabkan jerawat. Jenis ikan yang direkomendasikan antara lain ikan makarel, salmon, serta sarden dalam memberantas noda jerawat.

2. Kacang mengandung beberapa zat utama yang berguna bagi tubuh kita, antara lain selenium, tembaga, vitamin E, mangan, magnesium, kalsium, kalium serta zat besi. Vitamin E yang terdapat pada kacang ternyata bisa meremajakan kulit dan menjadi perlindungan jaringan wajah dari iritasi ringan.

3. Makanan untuk mencegah jerawat selanjutnya adalah buah alpukat. Buah yang warnanya hijau serta memiliki rasa lezat ini mengandung banyak vitamin E yang meningkatkan dan menambah elastisitas serta vitalitas dari kulit. Vitamin C dari buah alpukat mampu mengurangi radang pada kulit serta melembabkannya secara alami.

4. Buah anggur merah serta bijinya memiliki antioksidan yang tinggi dan mampu mengobati kulit yang terdapat inflamasi di dalamnya contohnya eksim dan psoriasis. Anggur pun mampu membantu mengontrol efek samping yang dihasilkan dari alergi kulit.

5. Buah adas adalah jenis tanaman yang bisa membersihkan kulit wajah Anda. Bagian akarnya mampu membantu meningkatkan sistem pencernaan serta mengurangi intensitas pembengkakan. Kelebihan cairan akan teratasi dan racun dalam kulit bisa hilang.

6. Jenis makanan untuk mencegah jerawat adalah beras merah, yang mengandung vitamin B, magnesium, protein, dan antioksidan kuat. Khusus perlakuan untuk jerawat, maka vitamin B nya bisa membantu mengurangi kadar stres kulit, dan membantu kadar hormon stabil serta mencegah jerawat datang kembali.

7. Bawang putih bisa melawan inflamasi karena adanya jerawat, karena kandungan zat allicin bisa membunuh bakteri berbahaya dan virus dalam tubuh.

8. Sayuran brokoli adalah sumber makanan berserat yang mampu membersihkan kulit, memiliki vitamin C, B kompleks, A, K dan E. Antioksidan kuatnya pun bisa melawan kerusakan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

9. Air putih delapan gelas setiap harinya bisa mengurangi intensitas timbulnya jerawat serta menyembuhkannya dengan alami. Air putih mampu meremajakan sel kulit dan menjaganya supaya tetap terhidrasi sempurna.

Demikian beberapa tips mengenai makanan untuk mencegah jerawat yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan menyelesaikan permasalahan jerawat Anda. 

Share On