Mengenal Mitos dan Fakta Mengenai Jerawat di Wajah

Jerawat merupakan suatu fenomena dimana terdapat tonjolan kecil yang muncul di kulit dan bisa mengganggu penampilan jika tidak diatasi lebih lanjut. Biasanya seseorang akan mengalami perubahan mood secara mendadak karena diakibatkan munculnya jerawat terutama di kulit wajah yang memang mudah diketahui dan terlihat oleh banyak orang.

Jerawat bagi hampir sebagian besar orang sangat menjengkelkan, terutama ketika jerawat baru saja muncul dan mengalami peradangan, sehingga rasanya akan benar-benar perih dan menyakitkan. Sebenarnya ada beberapa mitos serta fakta yang belum Anda ketahui sepenuhnya seputar jerawat. Apa sajakah itu?

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal mengenai fakta dan mitos seputar jerawat yang wajib diketahui agar tidak salah menerima informasi serta pemahaman, mari kita simak:

1. Fakta: Ternyata diketahui bahwa terlalu sering menggunakan pembersih muka untuk mencuci muka bisa membuat kulit wajah akan kusam dan tidak bercahaya. Kadang juga seseorang asal menggunakan pembersih muka tanpa mengetahui jenis atau kondisi kulitnya masing-masing. Kandungan zat aktifnya di dalam sabun muka pun hars diperhatikan kalau tidak ingin membuat kulit kusam dan timbul jerawat yang tidak diinginkan.

2. Fakta: Selanjutnya informasi fakta dan mitos seputar jerawat yang sebaiknya Anda ketahui adalah bahwa faktanya alat kosmetik ternyata sering digunakan bisa memicu datangnya jerawat. Mengapa demikian? Iya, karena terdapat efek samping di dalam alat kosmetik yang digunakan bisa menyumbat pori-pori kulit wajah. Pastikan untuk menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit Anda yang mudah berjerawat, jangan terpengaruh dengan produk yang terkenal atau sudah mempunyai nama.

3. Fakta: Melakukan pemencetan jerawat bisa menyebabkan bekas yang sulit hilang. Tangan Anda yang kotor dan terdapat kontaminan bisa membat jerawatakan mudah terinfeksi dengan bakteri.  Bakteri tersebut bisa masuk ke pori wajah yang telah terbuka dan wajah akan mengalami infeksi. Sebagai saran dan solusinya, biarkan jerawat muncul secara alami dan menghilang dengan sendirinya agar tidak terjadi bekas pada kulit wajah.

4. Mitos: Selanjutnya adalah informasi mengenai fakta dan mitos seputar jerawat, adalah pola makanan ternyata sama sekali tidak berhubungan dengan jerawat yang muncul. Hal ini hanya mitos, karena sebenarnya memang jerawat yang terjadi disebabkan oleh pola makan yang Anda lakukan setiap hari. Beberapa contoh makanan yang menyebabkan jerawat antara lain produk berlemak seperti susu, junk food, gula.

5. Mitos: Makan cokelat bisa memperburuk jerawat yang muncul di wajah. Hal ini tidak benar, karena khusus untuk cokelat yang hitam atau dark chocolate dengan kandungan gula yang semakin sedikit tidak menimbulkan jerawat, malah menyehatkan dan baik bagi kulit serta perubahan mod lebih baik.

6. Mitos: bahwa jerawat cuma dialami sebagian besar oleh kaum remaja. Pada dasarnya jerawat terjadi disebabkan oleh produksi hormon di dalam tubuh mencapai kadar tertinggi. Ternyata jerawat juga dialami saat sedang berada di kondisi kehamilan, siklus menstruasi dan juga menopause.

7. Mitos: tidak boleh memakai kosmetik jika sedang berjerawat. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena apabila Anda berhati-hati dan memakai produk yang berkualitas untuk kosmetiknya maka tidak menjadi masalah meskipun sedang berjerawat memakai make up. Asalkan harus selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Baca juga Cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya

8. Mitos: Penggunaan tabir surya bisa memicu jerawat lebih banyak. Hal ini tidak tepat, karena Anda harus memilih produk tabir surya yang tepat untuk kondisi khusus berjerawat. Produk tabir surya yang bisa dipilih adalah jenis zinc oksida yang memantulkan sinar matahari dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Demikian beberapa tips mengenai fakta dan mitos seputar jerawat yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan memberikan banyak informasi penting.

Share On