Kenali Jenis Kulit yang Mudah Terkena Jerawat

Jenis Kulit wajah
Merawat kulit wajah adalah hal yang penting, bukan hanya kaum hawa, pria juga harus merawat wajah agar selalu bersih dan sehat. Selain itu, mengetahui jenis kulit wajah dapat lebih mempermudah untuk melakukan perawatan, contohnya mengenali jenis kulit yang mudah berjerawat.

Jenis-Jenis kulit wajah

Setiap orang tidak memiliki jenis kulit yang sama. Berbagai macam jenis kulit tentu memiliki masalah yang berbeda-beda, begitu juga dengan perawatannya. Berikut jenis-jenis kulit secara umum, diantaranya;

Kulit normal
Kulit normal bercirikan perubahan pada wajah sesuai dengan pergantian musim, seperti misalnya di musim berhawa dingin kulit wajah akan terasa kering sehingga pipi terasa kencang, sedangkan di musim panas kulit wajah akan berminyak.

Kulit kering
Kulit wajah jarang berminyak dan juga dapat berjerawat adalah ciri dari kulit kering. Jenis kulit ini bisa sangat sensitif baik terhadap hawa dingin, angin dan cuaca panas. Sehingga elastisitas pada kulit hampir tidak ada.

Kulit berminyak
Salah satu jenis kulit yang lebih rentan terkena jerawat dan juga komedi daripada jenis-jenis kulit lainnya. Hal ini karena kulit berminyak mudah tertempel oleh kotoran.

Kulit sensitif
Kulit ini mudah bereaksi terhadap alergi, sehingga tak jarang akan menimbulkan ruam, gatal-gatal peradangan dan yang pasti jerawat. Biasanya terjadi karena sensitif terhadap produk kecantikan, tetapi sinar matahari, cuaca dingin dan angina juga dapat jadi penyebabnya.

Kulit kombinasi
Seperti hal namanya, kulit kombinasi adalah kondisi terdapat dua jenis kulit pada satu wajah. Contohnya yaitu, munculnya jerawat pada salah satu area wajah yang berminyak, sedang area wajah lainnya cenderung kering.

Dari beberapa jenis kulit di atas maka dapat disimpulkan jika jenis kulit yang mudah berjerawat meliputi kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif. Akan tetapi, jenis kulit berminyak adalah jenis yang paling umum sering terjadinya jerawat. Selain itu, jenis kulit berminyak juga akan sangat rentan munculnya komedo sehingga wajah dengan kulit yang berminyak akan mudah terlihat kusam. Hal ini terjadi disebabkan kandungan minyak yang ada pada pori-pori wajah menumpuk disertai dengan kotoran seperti debu, sehingga timbul jerawat dan komedo.

Kulit berminyak biasanya akan dimiliki oleh khususnya kaum hawa yang aktifitasnya lebih banyak di luar ruangan daripada di dalam ruangan. Selain itu, dipercaya jika memiliki tubuh gemuk juga cenderung memiliki kulit wajah yang berminyak.

Jenis kulit yang berminyak memang akan lebih mencegah timbulnya kerutan pada kulit wajah dibandingkan dengan tipe kulit kering meskipun keduanya memiliki masalah yang sama, yaitu mudah terkena jerawat. Untuk merawat jenis kulit berminyak agar jerawat tidak mudah muncul, maka dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan pembersih atau scrub cara yang benar dan bersih. Dengan kata lain, jangan sampai meninggalkan bekas busa pada wajah yang nantinya akan lebih menimbulkan masalah lainnya pada kulit wajah. Lalu gunakan penyegar untuk meluruhkan kotoran pada wajah yang berminyak. Penggunaan pelembab juga harus tetap digunakan pada jenis kulit yang mudah berjerawat agar tetap segar dan mencegah terjadinya kekeringan.

Selain itu, pola makanan yang sehat juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah karena akan membantu merawatnya dari dalam tubuh. Seperti mengurangi makanan yang mengandung kadar minyak tinggi, misalnya makanan pedas dan gorengan. Kemudian perbanyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang berserat.

Share On