Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Advertisement
Makanan yang Menyebabkan Jerawat
Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi tubuh kita. Kandungan di dalam setiap jenis makanan dapat memberikan efek tertentu pada tubuh; baik meningkatkan kesehatan atau justru menimbulkan masalah kesehatan, termasuk jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang sebagian besar juga disebabkan oleh jenis makanan tertentu. Agar terhindar dari masalah jerawat atau tidak memperparah kondisi jerawat, ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan jerawat yang harus Anda ketahui.

Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon insulin dan berubahnya kadar protein dalam tubuh. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Agar asupan gula sedikit berkurang, kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, dan Indeks Glikemik yang terlalu tinggi, seperti roti, kentang, donat, mie instan, es krim, dsb. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi sumber karbohidrat lebih dari 40% dari total asupan harian agar gula darah tidak meningkat. Hindari pula pemanis buatan. Konsumsi buah dan sayur lebih banyak yang tidak akan menyebabkan kenaikan hormon insulin.

Makanan yang Mengandung Susu

Susu memang mengadung berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan. Akan tetapi, konsumsi susu dan makanan atau produk yang mengandung susu secara berlebihan akan menyebabkan proses metabolisme dan produksi hormon di dalam tubuh menjadi kacau. Susu juga dapat memicu peningkatan produksi sebum di bawah permukaan kulit. Sebum yang menyumbat pori – pori kulit tentu akan menimbulkan jerawat dan menjadikan susu sebagai salah satu makanan yang menyebabkan jerawat.

Makanan Pedas, Berminyak dan Tinggi Garam

Makanan yang terlalu pedas dapat mengakibatkan terganggunya system pencernaan. Akibatnya tubuh menjadi tidak sehat dan timbullah berbagai masalah kesehatan lain, termasuk jerawat. Terlebih jika makanan yang dikonsumsi juga sangat berminyak. Minyak berlebih akan memicu kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak minyak di bawah permukaan kulit. Kulit yang tersumbat tentu saja akan menjadi jerawat. Jika makanan tersebut juga memiliki kandungan garam yang tinggi. Hal ini juga dapat menyebabkan pembengkakan jaringan karena garam berlebih akan membuat tubuh cenderung menyerap lebih banyak air. Akibatnya, jerawat akan tumbuh dan semakin memperparah yang sudah ada.

Makanan yang pedas, berminyak dan tinggi garam ini umumnya berupa makanan cepat saji dan makanan olahan, seperti mie instan, makanan kaleng, burger, fried chicken, naget cepat saji, dan lain sebagainya. Selain merupakan makanan yang menyebabkan jerawat, jenis – jenis makanan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kacang-Kacangan   

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat alami yang baik untuk kesehatan dan memenuhi nutrisi harian. Akan tetapi, kacang juga mengandung minyak yang juga harus memiliki batas untuk dikonsumsi. Ketika kacang - kacangan dikonsumsi secara berlebihan, maka artinya Anda juga mengkonsumsi banyak minyak. Meski lebih alami, minyak dari kacang-kacang juga akan memicu produksi sebum yang dapat menimbulkan jerawat atau meningkatkan peradangan jerawat yang telah ada. Terlebih jika kacang yang dikonsumsi telah dibubuhi garam secara berlebihan. Maka resikonya untuk menimbulkan atau memperparah jerawat akan lebih besar.

Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang menyebabkan jerawat, tentunya Anda bisa mempertimbangkan dan mengatur dengan lebih baik tentang jenis makanan apa saja yang bisa dikonsumsi agar tidak menimbulkan jerawat. Selain itu, Anda juga perlu melakukan oleh raga secara teratur serta memiliki gaya hidup sehat secara keseluruhan. Karena tubuh yang sehat pastinya akan memiliki peredaran darah yang lancar dan jerawat pun tidak akan muncul. 

Share On