Faktor penyebab jerawat yang perlu anda ketahui

faktor penyebab jerawat
Jerawat atau juga disebut sebagai Acne Vulgaris dalam dunia medis merupakan masalah penyakit yang paling sering dialami oleh manusia, terutama dalam fase-fase tertentu dalam hidupnya seperti pada saat pubertas, di dalam siklus menstruasi, dan lain sebagainya. Jerawat sering kali muncul di area wajah, yakni sekitar pipi, hidung dan juga dahi. Selain itu, masalah penyakit ini juga sering kali menginfeksi kulit pada bagian tubuh lainnya, seperti dada, punggung, bahu, leher dan juga lengan. Karena warnanya yang kemerahan, membentuk benjolan kecil, dan terkadang juga meradang, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri bagi penderitanya.

Terkadang, mereka yang menemukan jerawat yang tumbuh pada wajah tidak tahu dengan pasti akan penyebab jerawat tersebut. Terutama pada remaja yang umumnya belum memahami cara merawat kebersihan dan kesehatan kulit dengan baik. Akibatnya, jerawat yang tumbuh menjadi semakin parah dan bahkan lebih sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Dengan begitu, kita dapat menghindari berbagai faktor penyebab tersebut sehingga tumbuhnya jerawat baru dapat dicegah.  

Agar dapat mencegah tumbuhnya jerawat dan menghindari parahnya kondisi jerawat yang timbul, berikut beberapa penyebab jerawat yang perlu Anda ketahui.

Faktor Penyebab Jerawat

Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada wajah dan kulit pada bagian tubuh lainnya. Faktor penyebab tersebut antara lain sebagai berikut;

1. Berlebihnya Produksi Minyak pada Kulit

Kebersihan kulit yang kurang terjaga sering kali menjadi faktor yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Akan tetapi, tidak semua masalah jerawat disebabkan oleh faktor tersebut. berbagai faktor dari dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab masalah kulit ini. Salah satu penyebab utama adalah berlebihnya produksi minyak pada kelenjar kulit (sebaceous gland). Produksi minyak yang berlebih ini menyebabkan pori-pori dan saluran folikel pada kulit menjadi tersumbat dan kemudian menjadi jerawat. Minyak yang menumpuk di bawah permukaan kulit terkadang juga didukung oleh berbagai faktor penyebab jerawat lainnya, seperti bakteri, hormon, atau penggunaan sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit.

2. Bakteri

Bakteri adalah faktor utama lain yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Bakteri yang menyebabkan jerawat ini disebut p. acne. Bakteri ini menyukai kulit sebagai tempatnya berkembang biak, terutama pada kelenjar minyak sebaceous. Pada kelenjar ini, bakteri ini dapat menyebabkan penyumbatan sehingga terjadi iritasi dan pembengkakan di bawah permukaan kulit. Kelenjar yang semakin membengkak tersebut bisa pecah, menimbulkan peradangan dan juga rasa sakit pada kulit di sekitar area tumbuhnya jerawat. Faktor ini juga merupakan penyebab tumbuhnya jerawat batu yang berukuran lebih besar, terasa sakit, dan juga merusak kulit karena bekasnya dapat menyebabkan kulit berlubang seperti halnya bekas luka saat cacar.    

Agar infeksi bakteri pada kulit dapat berkurang, sebaiknya kita selalu memperhatikan kebersihan kulit sehingga terhindar dari jerawat. Perhatikan segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah dan pastikan bahwa kebersihannya terjaga agar tidak membawa bakteri penyebab jerawat. Contohnya, sarung bantal, masker penutup wajah, selalu menutupi sebagian wajah saat bermotor, spon bedak atau makeup, rambut dan juga jari-jari tangan. Pastikan semua hal cukup bersih ketika akan menyentuh kulit wajah Anda, terutama mereka yang memiliki jenis kulit yang sangat sensitif terhadap debu dan juga bakteri.

3. Sel -Sel Kulit Mati pada Kulit

Sel-sel kulit mati yang banyak ditemukan pada kulit juga bisa memperparah timbulnya jerawat. Ketika hormon Androgen dalam tubuh menyebabkan produksi minyak meningkat pada kelenjar sebaceous, jerawat akan muncul dari berkembangnya bakteri yang bercampur dengan sel-sel kulit mati ini. Selain itu, sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sabun juga dapat menyebabkan penebalan pada kulit. Akibatnya, terjadi bintik putih atau hitam yang merupakan jerawat di permukaan kulit. Faktor penyebab jerawat yang satu ini juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat pada punggung, kulit kepala dan juga lengan.

Jerawat Membandel? Apa Faktor Penyebabnya?

Disebut sebagai jerawat membandel tentu saja karena jenis jerawat yang satu ini sangat sulit diobati dan tidak pernah beranjak dari kulit. Akibatnya, tentu saja menimbulkan kurangnya rasa percaya diri dan kurang maksimalnya keindahan kulit. Ada beberapa faktor penyebab jerawat yang menimbulkan jerawat membandel, antara lain;

Faktor Hormon

Hormon merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat yang membandel pada kulit, terutama pada remaja. Karena faktor hormonal ini, jerawat yang timbul dapat dimulai sejak usia 10 tahun hingga 15 tahun. Ketika usia menginjak 25 tahun, jenis jerawat ini pun akan menghilang. Akan tetapi, pada sekitar 7% penderita, jerawat hormonal ini bertahan lebih lama, bahkan hingga usia 40-50 tahun. Jerawat jenis ini juga sering diderita oleh kaum hawa pada 2 sampai 7 hari sebelum periode menstruasinya dimulai, karena hormon mengalami peningkatan produksi pada masa ini. Selain itu, jerawat yang disebabkan oleh hormon juga sering dialami oleh pengkonsumsi obat peningkat hormon seperti steroid, estrogen, kortison, feniton dan juga testosteron. Pada wanita yang sedang hamil, jenis jerawat ini juga sering dialami.

Pola Makan dan Gaya Hidup yang Tidak Sehat  

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat juga merupakan faktor yang membuat jerawat tumbuh subur dan sulit diatasi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, terlalu pedas dan makanan cepat saji adalah faktor yang dapat menimbulkan jerawat yang membandel. Selain itu, konsumsi alkohol, minuman bersoda, dan juga kurang minum air putih juga merupakan faktor besar timbulnya jerawat membandel. Kondisi ini juga akan semakin parah ketika gaya hidup juga cenderung tidak sehat seperti merokok, begadang atau kurang tidur dan juga jarang berolah raga. Tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi yang baik dan jarang berolah raga, peredaran darahnya tidak akan lancar, termasuk pada kulit dan meningkatkan resiko penyebab jerawat

Share On