Cara menghilangkan jerawat di punggung

Advertisement
 jerawat di punggung
Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cara alami. Kehadiran jerawat memang sangat menyiksa dan mengganggu, sehingga tak jarang membuat penderitanya merasa risih. Keberadaan jerawat sendiri tak hanya menyerang bagian wajah melainkan juga di bagian tubuh lainnya, seperti punggung. Faktor penyebab munculnya jerawat sendiri karena adanya jamur dan bakteri. Keluhan timbulnya jerawat punggung memang sering kali terjadi. Meskipun kehadirannya di area tubuh yang tertutup namun jerawat punggung tersebut sangat mengganggu aktivitas. Tak jarang orang yang mengalaminya merasa gatal-gatal serta sakit terlebih lagi bila terkena pakaian.

Faktor Penyebab Jerawat di Punggung

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat di punggung, di antaranya :

Penggunaan Kondisioner

Meskipun pemakaian kondisioner sendiri di bagian rambut, akan tetapi silikon yang terdapat di dalamnya bisa memicu datangnya jerawat. Pemakaian kondisioner tak jarang mengenai kulit di bagian punggung terutama saat dilakukan pembilasan. Maka dari itu, sebaiknya usahakan pemakaian kondisioner agar tidak mengenai kulit di bagian punggung Anda.

Keringat

Faktor yang paling utama sebagai penyebab munculnya jerawat punggung adalah keringat. Punggung merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami keringat yang diakibatkan aktivitas berat, misalnya aktivitas outdoor ataupun olahraga. Aktivitas berat itulah yang membuat bagian punggung pun menjadi lebih lembab dan memicu timbulnya jerawat terlebih lagi bila Anda jarang menjaga kebersihan area tubuh.

Penggunaan Pakaian Kurang Tepat

Jerawat di area punggung juga dapat disebabkan oleh adanya penggunaan pakaian kurang tepat atau sesuai. Adapun misalnya dengan penggunaan pakaian terlalu ketat atau pakaian dari material atau bahan yang tak mudah untuk menyerap keringat.

Penggunaan Pewangi dan Pelembut Pakaian

Penyebab munculnya jerawat di punggung juga bisa disebabkan oleh penggunaan pewangi atau pelembut pakaian. Hal tersebut dikarenakan pada jenis kulit tertentu tak cocok menggunakan bahan pelembut atau pewangi pakaian dengan begitu bisa menyebabkan iritasi sehingga mengakibatkan munculnya jerawat di punggung.

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Alami

Setelah mengetahui faktor penyebab munculnya jerawat di punggung di atas, selanjutnya kita membahas tentang cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut ini :

1. Rutin Membersihkan Tubuh

Sama halnya dengan jerawat yang muncul di wajah, penyebab jerawat di punggung juga karena kurangnya membersihkan kulit tubuh sehingga bercampur bersama bakteri dan muncullah jerawat di punggung. Dengan begitu, cara paling efektif dan mudah untuk membasmi jerawat di punggung yaitu dengan membersihkan kulit tubuh saat mandi memakai sabun dengan formula anti bakteri.

2. Melakukan Scrub di Punggung

Tips untuk menghilangkan jerawat di area punggung berikutnya adalah dengan melakukan scrub teratur dan rutin. Melakukan scrub sendiri berfungsi mengangkat semua sel-sel yang sudah mati yang telah menutupi kulit dan memunculkan jerawat, dengan begitu jerawat pun lebih mudah dan cepat untuk sembuh. Untuk scrub ini, Anda dapat memakai scrub dengan tekstur tak begitu kasar agar tidak membuat kulit menjadi luka. Selain itu, Anda dapat membuat scrub di rumah yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis, madu dan gula pasir. Kemudian oleskan dengan merata ke area punggung, selanjutnya biarkan hingga beberapa menit hingga mengering lalu bilas. Sesudah memakai scrub bisa memakai lotion.

3. Memanfaatkan Lemon

Lemon mengandung sejumlah karbohidrat, fosfor, vitamin B dan vitamin C yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat di area punggung ambil sebanyak 1 buah jeruk lemon lalu potong 2. Kemudian peras air jeruk lemo dan tambahkan dengan sedikit air. Lalu oleskan memakai kapas dengan merata di area punggung Anda dan biarkan hingga beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan lemon ini bisa diaplikasikan secara rutin.

Share On