Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

minyak zaitun untuk jerawat
Salah satu penyakit yang umum diderita oleh banyak orang adalah jerawat. Jerawat muncul karena adanya gangguan pada kulit yang membentuk benjolan atau peradangan yang letaknya berada di bagian bawah kulit. Penyebab munculnya jerawat berasal dari saluran kelenjar minyak. Ada banyak jenis jerawat yang diderita manusia, seperti contohnya adalah jerawat kecil yang bisa hilang sendiri atau jerawat besar yang menyebabkan peradangan. Jerawat yang menyebabkan peradangan biasanya membutuhkan perawatan khusus supaya kulit tidak infeksi.

Banyak orang yang membenci jerawat karena terkadang jerawat yang dimiliki meninggalkan bekas luka yang menganggu penampilan dan sedikit banyak mengurangi rasa percaya diri seseorang. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang beredar dan konon efektif untuk mengatasi jerawat. Namun apabila Anda merasa bahwa produk yang beredar di masyarakat sekarang adalah produk-produk yang kurang aman bagi kesehatan, maka pengobatan tradisional bisa Anda tempuh. Salah satu pengobatan tradisional yang efektif adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, namun belum banyak yang mengetahui jika minyak zaitun juga efektif untuk menghilangkan gangguan kulit termasuk jerawat. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa minyak zaitun efektif untuk menyembuhkan jerawat.

1. Minyak zaitun mengandung beberapa vitamin penting yang mempercepat penyembuhan jerawat seperti antioksidan dan polifenol yang efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minyak zaitun memiliki kandungan zat anti bakteri yang disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat sehingga efektif untuk menghilangkan jerawat dan menyembuhkannya. Sifat anti-inflamasi yang dimilikinya juga efektif untuk menyembuhkan bekas jerawat.  Bagi Anda yang memiliki komedo tidak perlu khawatir karena minyak zaitun memiliki kandungan non komedo sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit dan sangat cocok untuk mengobati jerawat.

2. Kelebihan lain dari minyak zaitun adalah efektif untuk menenangkan kulit secara efektif. Selain itu juga, minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelembab yang tidak menyebabkan lengket di kulit dan tidak menghalangi pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan minyak zaitun, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memijat kulit yang berjerawat secara teratur. Caranya adalah mencuci wajah terlebih dahulu lalu keringkan dengan tisu atau kapas. Setelah itu, ambil beberapa tetes minyak zaitun lalu pijat wajah secara melingkar selama kurang lebih lima menit. Pijatlah wajah di area yang berjerawat dan setelah dipijat, diamkan wajah Anda selama dua puluh menit supaya minyak zaitun dapat meresap dengan baik.  

Setelah dua puluh menit, Anda bisa membasuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat tanpa perlu menggunakan sabun pembersih lagi. Lakukan perawatan dengan menggunakan minyak zaitun ini setiap hari sebelum tidur sehingga jerawat lambat laun menghilang dengan sendirinya. Pengobatan dengan minyak zaitun juga dapat dikombinasikan dengan minyak pohon the maupun minyak-minyak esensial yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain dilakukan dengan cara pemijatan, perawatan kulit berjerawat juga dapat dilakukan dengan cara penguapan. Caranya adalah dengan mengisi mangkuk dengan menggunakan air panas dan beberapa tetes dari minyak lavender. Setelah itu, uapkan wajah Anda selama 10 menit sampai wajah Anda berkeringat. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk dan lakukan pemijatan supaya luka akibat jerawat bisa melonggar.

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai scrub. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Gosok wajah dengan gerakan melingkar yang membentang di sepanjang garis wajah, setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. 

Share On