Cara menghilangkan jerawat dengan madu

Advertisement
madu untuk jerawat
Setiap orang pasti pernah memiliki masalah dengan jerawat. Jerawat biasanya muncul pada kaum remaja. Namun sebenarnya siapapun juga bisa terkena jerawat , tidak terkecuali orang dewasa sekalipun. Salah satu alasan mengapa orang tidak suka berjerawat karena selain kehadirannya yang membuat seseorang tidak percaya diri, alasan lainnya juga dikarenakan oleh bekas jerawat yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lalu apa sajakah faktor yang menyebabkan seseorang memiliki jerawat? Penyebab jerawat sebenarnya tidak bisa ditentukan secara spesifik namun jerawat dapat dipicu oleh beberapa faktor.

Bagi remaja perempuan, penyebab jerawat disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormone biasanya muncul ketika perempuan sedang memasuki masa haidnya. Hal ini disebabkan karena tingginya hormone penyebab jerawat yaitu androgen dan progesterone. Tingginya hormone ini mengakibatkan kelenjar minyak yang memproduksi minyak secara berlebihan. Ketika kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan, maa kelenjar minyak akan lebih sensitive dari biasanya. Perubahan hormone yang lebih drastis dirasakan oleh wanita hamil sehingga kemungkinan wajah yang berjerawat juga akan lebih besar.

Selain itu juga, faktor genetik juga menentukan ada tidaknya jerawat pada seseorang, khususnya ketika orangtuanya memiliki masalah jerawat yang cukup parah. Terlalu sering memakai riasan wajah dan memilih kosmetik yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab jerawat. Faktor internal juga dapat menyebabkan jerawat seperti stress sehingga untuk mengurangi jerawat, Anda tidak boleh terlalu stress. Pola makan juga harus dijaga supaya wajah tidak berjerawat. Hindari makanan berlemak dan juga berminyak supaya jerawat tidak semakin banyak.

Untuk menghilangkan jerawat, maka salah satu solusi yang efektif adalah dengan menggunakan madu. Madu dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya untuk menghilangkan jerawat, madu juga berkhasiat untuk mempercantik tubuh seperti merawat kesehatan kulit dan rambut.

Meskipun madu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, namun Anda juga harus memerhatikan apakah madu yang Anda gunakan adalah madu asli atau palsu. Perhatikan beberapa metode yang dapat membedakan apakah madu yang digunakan adalah madu asli atau bukan.


Pertama-tama Anda bisa memerhatikan kemasan dari madu yang Anda beli. Madu yang asli adalah madu yang tidak memiliki masa kadaluarsa. Jika madu yang sudah Anda beli memiliki masa kadaluarsa, maka madu yang Anda beli sudah dicampurkan dengan bahan lainnnya (tidak murni). Metode lainnya adalah dengan menuangkan madu kedalam gelas yang sudah diisi dengan air. Jika madu tenggelam di dasar gelas, maka madu tersebut asli. Jika madu dapat tercampur dengan air, maka madu tersebut adalah madu oplosan yaitu madu yang sudah dicampurkan dengan air.

Setelah bisa membedakan madu asli atau oplosan, maka Anda sudah bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan madu. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Cuci muka Anda dengan menggunakan air hangat. Mengapa dengan menggunakan air hangat? Karena air hangat mempunyai khasiat untuk menghilangkan debu dan kotoran serta dapat membuka pori-pori wajah untuk memudahkan kotoran dan debu keluar.

2. Gunakan tisu atau kapas untuk membersihkan wajah. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa air dengan lebih higienis.

3. Aplikasikan madu keseluruh  wajah secara merata. Oleskan sedikit saja, tunggu selama lima menit. Setelah lima menit, oleskan lagi secara merata. Tunggu selama 15-20 menit sampai madu mengering.

4. Setelah mengering, bersihkan wajah dengan menggunakan sabun alami. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu 2-3 kali agar hasilnya lebih maksimal.

Share On