Cara menghilangkan jerawat batu dengan mudah

menghilangkan jerawat batu
Ada banyak sekali permasalahan pada wajah, hal ini terjadi karena kulit wajah cenderung lebih sensitif. Salah satu permasalahan yang banyak terjadi adalah jerawat batu. Ada banyak tentunya cara menghilangkan jerawat batu, tetapi jerawat tersebut masih kerap muncul.

Jerawat batu meiliki ukran yang besar sebagai akibat peradangan yang cukup parah pada area kulit, dan pada umumnya ukurannya lebih besar dan kemerahan dibandingkan dengan jerawat pada umumnya. Jerawat ini efeknya menyakitkan dan sering muncul di area wajah, bahkan area tubuh lain kerap kedapatan jerawat batu. Sehingga cara menghilangkan jerawat batu pada wajah dan area lain cukup berbeda.

Penyebab Jerawat Batu

Ada banyak penyebab dari munculnya jerawat batu, dan kebanyakan adalah hal yang sepele dan seharusnya bisa kita atasi. Berikut adalah penyebab munculnya jerawat batu:

1. Kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita
Faktor kebersihan yang kurang adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyebab jerawat batu secara umum. Pada awalnya kemungkinan jerawat yang muncul hanya sedikit dan tidak begitu besar, tetapi jika kurang merawat diri terutama bagian wajah maka peradangan pada jerawat akan semakin besar dan berdampak pada munculnya jerawat batu.

2. Genetik
Jika orang tua kita memiliki riwayat jerawat batu, maka kemungkinan besar kita pun bisa terkena jerawat batu. Jerawat batu sendiri muncul karena jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada wajah terlalu banyak. Akibatnya kotoran menempel pada wajah yang berminyak. Pori-pori wajah yang mengandung banyak kotoran akan menjadi sarang bagi bakteri P. acne, yaitu bakteri yang menyebabkan munculnya peradangan dan jerawat.

3. Faktor psikologis
Terlalu banyak pikiran hingga stres, akan mengakibatkan otot wajah anda mengencang. Akibatnya kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya. Ada baiknya cara menghilangkan jerawat batu pada kasus ini adalah dengan menenangkan pikiran anda.

4. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat
Biasanya sebelum melakukan aktivitas, para wanita akan memakai kosmetik demi kecantikan. Namun anda harus segera membersihkan wajah anda dari sisa-sisa kosmetik tersebut, sebab pori-pori pada wajah anda akan tersumbat oleh kosmetik tadi dan menjadikan wajah anda penuh dengan jerawat batu.

5. Terlalu banyak memakan makanan yang berminyak
Seperti kita tahu bahwa jerawat muncul sebagai akibat kelenjar minyak yang diproduksi berlebih. Hal itu akan semakin parah jika kita cukup sering memakan makanan yang berminyak tinggi seperti aneka gorengan, daging, kacang-kacangan, dan banyak lagi. Kelenjar minyak tentu akan semakin tinggi memproduksi minyak, sehingg cara menghilangkan jerawat batu dengan cara meningkatkan konsumsi makanan yang rendah minyak, serta mengurangi memakan makanan yang kandungan minyaknya tinggi.

6. Jarang membersihkan wajah
Jerawat batu bisa muncul jika anda tidak membersihkan wajah anda secara intens setelah beraktivitas seharian. Berbagai aktivitas yang kita lakukan tentu membuat wajah kita penuh dengan kotoran baik itu debu, kuman, dan lainnya. Menyebabkan pori-pori kita tersumbat dan menjadi sarang bakteri P. acne yang menyebabkan jerawat dan peradangan.

7. Kulit abnormal
Ada beberapa kasus munculnya jerawat batu sebagai akibat dari kulit yang tidak normal. Seperti kulit yang sering berganti sehingga ada banyak sel kulit mati pada wajah. Sel-sel kulit mati ini bisa menghambat pori-pori anda, dan dapat meningkatkan produksi minyak  pada wajah.

Ciri-ciri Jerawat Batu

Jerawat batu mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan jerawat biasanya, sehingga cara menghilangkan jerawat batu mempunyai cara yang berbeda. Ada pun ciri-ciri dari jerawat batu adalah sebagai berikut:

1. Jerawat besar dan keras
Penampakan pada jerawat ini cukup jelas dan mudah untuk dilihat. Apalagi, ada beberapa jerawat yang terdapat corak warna hitam pada jerawat batu.

2. Terasa nyeri 
Bagian jerawat batu terjadi karena adanya peradangan yang cukup menyakitkan. Peradangan ini biasa berwarna merah dan cukup menggangu akitivitas kita. Peradangan ini bisa terjadi karena produksi minyak pada wajah terlampau tinggi. Akibatnya pori-pori terhambat dan menjadi sarang dari bakteri P. acne. Jumlah bakteri yang ada pada jerawar batu juga lebih banyak dari biasanya, sehingga akan terasa sakit.

3. Bagian dalam jerawat batu berisi banyak cairan putih
Cairan ini biasanya akan sedikit kental seperti nanah. Dan cara menghilangkan jerawat batu harus menggunakan anti septik demi menjaga higienitas. Jika kita memecahkan jerawat ini biasanya cairan putih tersebut akan keluar bersama dengan darah. Namun dampak buruknya akan menyebabkan bekas luka yang cukup parah dan mengganggu penampilan anda. Akibatnya anda menjadi kurang percaya diri dan cenderung minder.

Pengobatan Jerawat Batu

Ada beberapa cara alami dalam cara menghilangkan jerawat batu, seperti berikut ini:

1. Menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bawang putih
Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata bisa menjadi obat bagi jerawat batu secara alami. Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih ini cukup mudah. Adan hanya perlu memotong bawang putih menjad bagian-bagian kecil dan kemudian dioleskan pada bagian yang terkena jerawat batu tersebu. Khasiat dari bawang putih ini adalah meredakan nyeri yang diakibatkan oleh karean peradangan, dan bisa mencegah jerawat bati secara rutin.

2. Menggunakan Sidaguri
Cara menghilangkan jerawat batu berikutnya adalah dengan menggunakan sidaguri. Caranya dengan merebus sidaguri dengan menggunakan air 2 hingga 3 gelas sampai mendidih. Kemudian uap yang dihasilkan dari rebusan tersebut diberikan pada wajah anda. Lakukan metode ini secara rutin untuk mendapat hasil yang efektif.

3. Kentang
Anda bisa membuat masker wajah dengan menggunakan kentang. Cara menghilangkan jerawat batu dengan kentang biasanya akan mengurangi kadar minyak pada wajah anda.

4. Menggunakan Tanaman Mahkota Dewa
Tanaman ini memiliki kandunan anti iritan dan anti radang. Wajah anda yang terkena jerawat batu yang sudah meradang bisa menggunakakn tanaman ini agar meredakan peradangan tersebut. Penggunaanya dengan menjadikan tanaman mahkota dewa ini sebaga masker. Ada baiknya masker wajah dari mahkota dewa ini pada malam hari, karena pada malam hari kulit wajah sedang beregenerasi.

5. Tanaman Mengkudu
Sedikit berbeda penggunaannya dari tanaman sebelumnya, kali ini cara menghilangkan jerawat batu adalah dengan diminum. Kita harus membuat jus mengkudu dengan beberapa tambahan gula batu. Setelah itu saring hasil jus mengkudu tadi, dan minumlah dalam keadaan hangat. Mengkudu berkhasiat untuk membersihkan darah kotor dari wajah.

Cara Mencegah Jerawat Batu

1. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, kolesterol tinggi, dan juga alkohol.
2. Perbanyak makan sayur dan buah.
3. Selalu membersihkan wajah secara rutin sebelum tidur.
4. Membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai kosmetik.
5. Perbanyak minum air putih setiap hari.
6. Memakai masker yang berasal dari buah-buahan alami sebagai perawatan yang rutin seperti menggunakan wortel, tomat, dan jeruk nipis. Hal ini sebagai cara menghilangkan jerawat batu

Share On