Tuesday, May 17, 2016

4 Obat Jerawat dari Bahan Alami

Advertisement
Obat Jerawat
Kuliat wajah baik bagi pria maupun wanita merupakan aset tubuh yang harus dijaga. Sehingga untuk menghindarkannya dari serangan jerawat, obat jerawat alami menjadi salah satu alternatif yang sering digunakan. Penggunaan obat alami tersebut sudah banyak dipercaya banyak orang, karena produk yang mengandung bahan kimia dianggap berbahaya bagi kebanyakan orang. Kepercayaan masyarakat terhadap produk dari bahan alami didukung pula oleh slogan back to nature yang sedang digemari masyarakat.

Menurut peneliti bernama Ekel, ia mengatakan bahwa kulit wajah yang sehat memiliki kriteria kenyal, elastis atau lentur, lembut, warna kulit bercahaya, dan jenis kulit normal. Namun, kenyataannya ada banyak orang yang memiliki permasalahan kulit wajah. Permasalahan yang paling umum tentunya adalah jerawat.

Jerawat sendiri merupakan kondisi kulit yang tidak normal akibat adanya gangguan produksi kelenjar minyak, sehingga produksi minyak pada wajah berlebihan. Akibatnya terjadi penyumbatan saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Penyakit jerawat sendiri sangat mudah menyerang masyarakat Indonesia, karena kita berada di iklim tropis yang cukup panas. Sinar matahari pada iklim tropis cukup panas, sehingga kelenjar minyak sangat produktif.

Permasalahan jerawat ini tentunya akan mengganggu rasa percaya diri kita terhadap penampinal. Sehingga kita membutuhkan altenatif obat jerawat alami untuk mengatasi permasalahan ini. Sehingga dengan obat tersebut bisa memperbaiki rasa kurang percaya diri kita, serta dianggap bisa merawat diri.

Ada banyak ramuan obat jerawat alami yang bisa dibuat dari bahan-bahan alami. Berbagai bahan tersebut mudah didapat, sehingga banyak orang yang membuat obat jerawatnya secara mandiri. Bahkan di pasaran pun harganya jauh lebih murah daripada obat jerawat yang berasal dari pabrik, karena bahan dan pembuatannya pun lebih murah dan sederhana.

Penyebab Jerawat

Telah disebutkan bahwa jerawat bisa muncul karena produksi minyak yang terlalu berlebih, terlebih Indonesia yang terletak diiklim tropis. Selain itu, jerawat bisa disebabkan oleh dan kotoran dari luar dan menempel pada kulit berminyak. Kemudian kotoran tersebut masuk ke dalam pori-pori kulit dan menumpuk bersama sel-sel kulit mati. Apabila hal ini tidak ditangani dengan obat jerawat alami maka pori-pori kulit akan menjadi media yang sangat baik bagi pertumbuhan bakteri dan akhirnya menjadi jerawat.

Bakteri yang menyebabkan jerawat itu sendiri bernama Propionibacterium acnes atau bisa disebut dengan P. acnes. Bakteri ini akan menyebabkan radang pada jaringan kulit, itu mengapa warna jerawat selalu berwarna merah.

Rasa gatal bisa diakibatkan oleh jerawat, namun rasa gatal tersebut hanya menyerang area yang terkena jerawat saja. Walaupun sepele jerawat bisa bertambah parah jika tidak segera ditangani dengan obat jerawat alami. Penyembuhan secara alami ini menjadi salah satu pilihan yang cukup efektf.

Jerawat biasa menyerang pada orang-orang yang sedang mengalami masa pubertas dan sedang menuju dewasa. Kisarannya sekitar umur 12 hingga 25 tahun, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang lebih dari 25 tahun pun bisa terkena jerawat.

Efek utama dari jerawat yang tidak ditangani dengan obat jerawat alami adalah menimbulkan bekas hitam atau mengelupas, minder, merasa tidak percaya diri, bahkan hingga depresi karena dikucilkan. Itu lah mengapa bahwa sering kali jerawat bisa mengganggu kondisi psikologi seseorang, terlebih bagi kalangan remaja.

Beberapa Jenis Bahan Obat Jerawat Alami

Secara tradisional ada begitu banyak obat di Indonesia yang bisa kita jadikan sebaga obat jerawat alami. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak tanaman medis, yang sudah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang kita sebagai kearifan lokal dalam mengatasi berbagai penyakit, seperti contohnya jerawat. Ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat jerawat alami, diantaranya:

Lidah buaya
Tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi dunia kencantikan. Salah satunya sebagai obat jerawat alami.

Temulawak
Tanaman ini mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai anti radang yang disebabkan oleh jerawat. Sehingga kurkumin ini bisa menghilangkan radang yang ditimbulkan akibat jerawat.

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh mengandung flavonoid yang menjadi anti radang alami. Fungsinya relatif sama dengan kurkumin yang terdapat pada temulawak sebagai obat jerawat alami.

Daun sirih
Daun sirih mengandung zat antiseptik yang bisa membunuh kuman dan bakteri. Dengan demikian, bakteri P. acne yang menyebabkan jerawat bisa diatasi oleh daun sirih.

Penanganan Jerawat dengan Ramuan Jeruk Nipis dan Madu

Penyembuhan jerawat dengan obat jerawat alami cukup mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan jeruk nipis dan madu. Air jeruka nipis yang sangat masam bisa bertindak sebagai antioksidan yang mematikan bagi bakteri atau pun kuman. Satu hal yang perlu diketahui, jerawat bisa terjadi karena kondisi kulit berada pH basa. Dengan jeruk nipis kita bisa mengembalikan pH kulit menjadi normal kemabali.

Bakteri P. acnes tidak akan dapat bertahan hidup dalam kondisi masam yang dihasilkan oleh jeruk masam. Selain sebagai obat jerawat alami, vitamin C pada jeruk nipis bisa mencerahkan kulit. Kulit yang cerah secara alami tersebut sangat banyak diinginkan, terlebih oleh para kamum wanita.

Berdasarkan studi ilmiah, sebenarnya ada banyak obat jerawat alami yang bisa digunakan. Namun yang sudah teruji secara mutu dan klinis hanya beberapa, yakni sejenis jeruk dan buah lemon. Ada manfaat lain yang bisa didapat dengan menggunakan ramuan ini, air perasan jeruk nipis bisa mengurangi iritasi kulit, pembengkakan kulit, dan menghilangkan rasa sakit pada jerawat. Sementara beberapa pendapat orang-orang yang menggunakan ramuan ini, kulit mereka menjadi lebih halus.

Bahan ramuan berikutnya yang bis menyembuhkan jerawat adalah madu. Ada beberapa manfaat madu yang baik bagi kulit, yakni melembabkan kulit, menghilangkan noda dan flek hitam, dan mengencangkan kulit. Obat jerawat alami sangat baik bila dicampur dengan air jeruk nipis.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa madu baik bagi kulit dalam mencegah terjadinya kulit. Karena madu bersifat sebagai pembersih kulit dari berbagai noda dan kulit mati, serta memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit sehingga wajah terhindar dari jerawat.

Obat jerawat alami dari madu ini memiliki tekstur yang cukup lembut, mengandung banyak mineral, antioksidan, dan bahan lain yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar, dan masker wajah. Di dalam madu terdapat kandungan zat antiseptik yang bermanfaat untuk mematikan bakteri atau kuman pada wajah yang biasanya menyebabkan jerawat menjadi meradang. Sedangkan air jeruk nipis dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga bisa menghindarkan wajah dari kotoran yang menempel.

Madu dan jeruk nipis dibuat menjadi masker wajah. Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu memasang masker wajah. Ada baiknya obat jerawat alami tersebut digunakan pada malam hari, karena biasanya sel-sel kulit pada wajah akan beregenerasi pada malam hari.