13 cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif


menghilangkan bekas jerawat
Masalah jerawat sering kali menjadi masalah kulit yang panjang dan sulit diatasi. Setelah meradang, terasa sakit dan menurunkan rasa percaya diri karena jerawat yang bersemi di wajah. Masalah ini belum juga berakhir setelah peradangan berhenti dan benjolan berkurang. Jerawat ini menimbulkan bekas pada kulit berupa noda kemerahan, flek hitam atau bahkan lubang yang membuat kulit tidak halus lagi. Ketika sudah begini, tentunya Anda harus mencari cara menghilangkan bekas jerawat yang cukup efektif, sehingga Anda bisa memiliki kulit cantik dan mulus Anda kembali.

Untuk menghilangkan bekas jerawat yang menurunkan rasa percaya diri, banyak orang rela menguras isi dompet untuk biaya berbagai metode perawatan kulit wajah. Sebenarnya, cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit tidak harus selalu mahal dan menguras isi dompet. Anda juga bisa mengatasinya dengan berbagai cara alami, dengan bahan - bahan yang bisa didapat di sekitar dan tentunya tidak perlu membayar mahal. Karena menggunakan bahan - bahan alami, cara kerjanya juga bersifat alami dan mengikuti proses regenerasi sel kulit yang terjadi secara bertahap. Dengan begitu, hasil yang diperoleh pun akan bertahap. Sehingga Anda harus bersabar untuk melihat hasilnya yang mengembalikan kecantikan kulit.

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami:

1. Mengoleskan Air Perasan Lemon  
Lemon merupakan sumber antioksidan alami berupa Vitamin C yang sangat efektif meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga proses regenerasi kulit dapat menjadi lebih cepat secara alami. Solusi ini dapat dilakukan dengan mencampur air perasan 1 buah lemon dengan 1 cup air. Oleskan campuran ini pada bekas jerawat dan biarkan mengering selama 3 - 4 menit. Menggunakan solusi ini secara teratur akan membantu percepatan regenerasi kulit sehingga bekas jerawat pun memudar. Akan tetapi, solusi ini juga bisa menyebabkan kulit kering. Pastikan Anda membersihkannya dengan baik dan mengaplikasikan pelembab kulit kembali setelahnya agar kulit tidak menjadi kering.

2. Mengoleskan Madu pada Jerawat dan Bekasnya
Selain dapat meningkatkan kesehatan, madu juga memiliki manfaat untuk mempercantik kulit dan menghilangkan noda, termasuk bekas jerawat. Anti bakteri yang terkandungdi dalam madu juga membuat bahan alami ini juga bisa dijadikan obat jerawat. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup oleskan madu secara langsung pada jerawat, bekas jerawat atau seluruh wajah pada malam hari. Diamkan selama beberapa jam atau biarkan selama semalaman. Bersihkan wajah pada pagi hari dan Anda bisa merasakan betapa ampuhnya cara menghilangkan bekas jerawat ini dan halusnya kulit setelah menyerap nutrisi dari madu.

3. Oles dan Pijat Wajah dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bekerja efektif dalam mendukung proses regenerasi kulit. Selain itu, minyak ini juga dapat menjadi penyembuh jerawat secara alami. Aplikasikan sedikit minyak zaitun pada wajah dan kemudian pijat secara perlahan dengan gerakan memutar. Gunakan minyak zaitun ini setiap hari agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat, mengangkat komedo dan bekas jerawat pun akan memudar.

4. Memijat dengan Minyak Vitamin E  
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin E merupakan nutrisi untuk kulit yang dapat meningkatkan proses regenerasi sel. Dengan menggunakan minyak vitamin E secara teratur, kulit akan terasa lebih lembab karena sel -selnya yang terus beregenerasi. Dengan begitu, minyak ini juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat; kurang lebih selama 2 minggu. Cukup oleskan minyak ini pada kulit sebanyak 2 - 3 kali sehari.

5. Pijat dengan Minyak Kelapa
Cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam kaprat, asam laurat dan juga kaprilat yang dapat membantu memudarkan bekas luka jerawat. Cukup gunakan minyak kelapa untuk memijat area bekas jerawat sebanyak 1 - 4 kali sehari dan noda bekas jerawat pun akan segera menghilang.

6. Mengoleskan Gel Lidah Buaya
Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan salah satu bahan alami yang paling sering dijadikan bahan kosmetik. Hal ini karena memang lidah buaya mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara memakainya, ambil seiris lidah buaya dan keluarkan gel dari bagian tengahnya. Hindari getah lidah buaya yang dapat menyebabkan gatal pada kulit. Oleskan gel tersebut pada wajah, biarkan mengering selama beberapa puluh menit. Kemudian basuh dengan air hingga bersih. Gunakan gel lidah buaya ini secara rutin untuk hasil maksimal.

7. Masker Wajah dari Bahan Timun
Timun mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, magnesium, dan lain sebagainya. Kandungan di dalam mentimun ini juga mampu menghilangkan bekas luka pada kulit (seperti informasi yang telah dikutip oleh BoldSky). Selain itu, timun juga efektif dalam memudarkan bekas jerawat serta menimbulkan efek relaksasi. Gunakan irisan mentimun pada bekas jerawat selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Mengoleskan Air Teh Hijau    
Teh hijau merupakan salah satu sumber anti oksidan alami yang sangat baik untuk kecantikan kulit, termasuk untuk memudarkan bekas jerawat. Seduh teh hijau dengan secangkir air hangat, biarkan teh larut dan dingin. Gunakan kapas untuk dicelupkan pada larutan teh hijau dan kemudian oleskan pada bekas jerawat. Biarkan kering dan kemudian bilas dengan air dingin.

9. Oleskan Getah Kentang
Kulit yang sehat juga bisa didapat dengan mengkonsumsi kentang yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, mengoleskan getah kentang juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Caranya, iris tipis kentang yang telah dicuci bersih. Kemudian tempelkan pada bekas jerawat selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

10. Oleskan Cairan Tomat
Tomat merupakan salah satu jenis sayuran atau buah yang mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh dan juga mempercantik kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah, iris tomat kemudian oleskan airnya ke wajah. Biarkan cairan tersebut mengering dan nutrisinya meresap ke dalam kulit. Menggunakan solusi ini secara teratur bisa membuat kulit Anda terlihat lebih cerah, segar, bekas jerawat memudar dan jerawat pun tidak akan muncul lagi.  

11. Masker Putih Telur
Putih telur merupakan bahan alami yang juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat sekaligus mempercantik kulit. Gunakan putih telur sebagai bahan masker dengan mengoleskannnya secara merata pada kuli wajah. Biarkan mengering atau diamkan semalaman. Bilas dengan air hingga bersih dan Anda akan lihat bekas jerawat yang memudar serta kulit yang terasa lebih kencang dan halus.

12. Masker Bengkoang
Bengkoang juga merupakan bahan alami yang sering kali dijadikan bahan produk perawatan wajah, terutama produk pemutih kulit. Dengan menggunakan bengkoang segar, tentunya manfaat yang didapat bisa lebih baik. Parut bengkoang secukupnya, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin dan Anda akan lihat bekas jerawat yang memudar lebih cepat serta kulit yang terlihat lebih cerah.

13. Memakai Baking Soda
Baking soda berfungsi memulihkan semua sel-sel kulit yang mati dengan cara merangsang pertumbuhan untuk sel-sel kulit baru. Namun baking soda sendiri tidak dianjurkan bagi Anda yang mempunyai tipe kulit sensitif. Adapun cara menggunakannya yaitu dengan mencampur air dan baking soda sampai mirip pasta lalu oleskan ke area noda bekas jerawat. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat ini dengan teratur.

Share On