Monday, October 3, 2016

12 Cara menghilangkan jerawat yang mudah dan efektif

Advertisement
menghilangkan jerawat
Memiliki jerawat pada wajah tentu akan sangat mengganggu karena wajah akan terlihat kusam. Selain itu, munculnya jerawat dapat menghilangkan rasa percaya diri terutama untuk melakukan aktivitas di luar ruangan atau jika akan bertemu dengan seseorang. Terkadang jerawat menjadi suatu hal yang memalukan bagi yang sangat memperhatikan penampilannya.

Penyebab jerawat secara umum

Penyebab jerawat dikarenakan pori-pori tersumbat sehingga muncul benjolan berisi nanah dan biasanya berwarna merah. Selain debu atau kotoran yang menempel pada wajah, jerawat juga dapat disebabkan karena adanya perubahan pada hormon. Dengan kata lain, banyak dari kalangan remaja yang akan mengalami hal ini, misalnya anak perempuan yang akan mengalami masa menstruasi. Proses kehamilan serta stress yang berlebih juga akan memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Jerawat juga biasanya muncul pada Jenis-jenis kulit wajah tertentu, diantaranya adalah kulit kering dan kulit berminyak. Kulit kering memang rentan terhadap munculnya jerawat, tetapi kulit wajah yang berminyak lebih rentan timbul jerawat karena kotoran seperti debu akan sangat mudah menempel dan masuk pada pori-pori wajah. Selain terdapat jenis-jenis kulit wajah yang berbeda pada tiap-tiap orang, untuk menghilangkan jerawat juga lebih baik mengetahui jenis-jenis dari jerawat tersebut.


Jenis-jenis jarawat yang muncul di wajah


Berikut beberapa jenis jerawat yang umumnya timbul di wajah, diantaranya yaitu;

1. Jerawat biasa
Jerawat ini terjadi pada sebagian orang yang rata-rata pernah menderitanya. Ciri-cirinya yaitu berbentuk benjolan kecil dan berwarna putih kemerahan, biasanya pada puncaknya. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Propionibacterium Acneadalah penyebab tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah. Meskipun jerawat jenis ini telah biasa ditemukan, tetapi bakteri dari penyebab jerawat biasa dapat menimbulkan iritasi pada wajah di sekitarnya.

2. Jerawat batu
Perbedaan jerawat batu dengan jerawat biasa umumya terletak pada ukurannya. Jerawat batu biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa sehingga lebih merah dan meradang. Jerawat biasa memang dapat menimbulkan iritasi pada wajah, tetapi dampak dari jerawat batu lebih merugikan jika terus menerus dibiarkan karena akan meninggalkan jejak atau bekas yang sulit untuk dihilangkan pada permukaan kulit di mana jerawat batu tersebut muncul. Oleh karena itu, jerawat ini disebut dengan Cystic Acne. Banyaknya kelenjar minyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal adalah penyebab terjadinya jerawat batu, sehingga jenis jerawat ini dapat dikatakan berada pada tingkat yang parah.

3. Komedo
Meski bernama komedo, namun ternyata ini adalah salah satu jenis jerawat pada wajah. Komedo dibedakan menjadi dua jenis, yaitu komedo tertutup yang memiliki warna putih serta berbentuk seperti tonjolan dan komedo terbuka dimana pori-pori terlihat membesar dan hitam. Jenis jerawat ini biasanya terjadi di area hidung.

4. Jerawat nitrosica
Jerawat yang selayaknya harus ditakuti karena seperti halnya jerawat batu, jenis jerawat ini juga penyebab timbulnya lubang bekas jerawat di wajah. Sehingga menyebabkan permukaan kuli tidak rata.

5. Jerawat juvenile
Jenis jerawat inilah yang umunya menyerang para remaja yang memasuki masa pubertas karena hormone yang tidak seimbang, yaitu pada sekitar umur 14 hingga 20 tahun.

6. Jerawat vulgaris
Adalah jerawat yang disebabkan karena kelainan pada kulit. Jerawat ini juga dapat timbul pada usia remaja namun akan terus berlanjut hingga masa dewasa yang penyebabnya adalah minyak berlebih, hormone yang berubah, dan tak jarang karena alergi dari produk kosmetik. Kulit mati yang tidak lepas membuat permukaan kulit wajah merah dan bersisik. Tak jarang, jerawat yang juga digolongkan pada tingkat parah ini ditandai dengan komedo.

7. Jerawat rosacea
Awalnya, jerawat ini hanya timbul seperti kemerahan yang ternyata merupakan awal munculnya peradangan. jenis jerawat yang umumnya muncul di usia dewasa antara 30-50 tahun ini juga dapat menyebabkan adanya sisik yang terjadi pada lipatan hidung.

Keberadaan jerawat yang terkadang akan membuat panik para penderitanya terutama jika jerawat yang muncul tersebut merupakan jenis jerawat pada tingkat yang parah. Akan tetapi, tentu akan banyak cara untuk mengatasinya. Baik secara medis maupun alami, mengatasi jerawat tentunya harus disertai dengan pola hidup dan pola makan yang sehat bagi tubuh. Sehingga jerawat yang belum timbul dapat dicegah, sedangkan jerawat yang telah terlanjur timbul dapat diatasi agar tidak berkelanjutan.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Untuk mengatasi jerawat secara umum dapat menggunakan bahan-bahan alami, berikut 12 cara menghilangkan jerawat dengan mudah, diantaranya adalah;

1. Putih telur: Putih telur merupakan bahan alami yang cukup mudah digunakan untuk menghilangkan jerawat. Menggunakan putih telur juga relatif aman dan murah, tentunya juga dengan hasil yang tidak kalah dengan obat penghilang jerawat. Penggunaan putih telur harus rutin dan terus menerus alias berlanjut, sesekali menggunakannya mungkin tidak akan memiliki efek berarati untuk menghilangkan jerawat.

2. Mentimun: Kadar air yang banyak dan kandungan yang memberikan efek segar pada kulit wajah dimiliki oleh mentimun. Dengan banyaknya kandungan air ini, mentimun efektif membersihkan kotoran pada pori-pori wajah sehingga akan memperlancar saluran pori-pori tersebut. Irisan mentimun tinggal ditempelkan pada wajah yang berjerawat, sehingga peradangan yang disebabkan oleh jerawat akan berkurang.

3. Madu asli: Madu selalu dijadikan bahan yang efektif untuk kesehatan serta kecantikan. Selain itu, madu yang asli dapat digunakan juga untuk mengatasi jerawat yang timbul di wajah dengan cara yang mudah, yaitu hanya mengoleskannya pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Baru setelah itu bilas dengan air bersih. Selain menghilangkan jerawat, madu juga akan ikut memberikan kelembaban dan meluruhkan minyak di wajah.

4. Lidah buaya: Tanaman yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan. Aloevera atau masyarakat kita menyebutnya lidah buaya sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut ataupun kulit. Saat diterapkan secara langsung pada kulit lidah buaya mampu mengurangi peradangan akibat jerawat. Lidah buaya juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang merupakanpenyebab utama jerawat.

5. Daun sirih: Kandungan pada daun sirih yaitu anti-septik dan anti-bakteri seperti halnya jeruk nipis sehingga ampuh dalam menghilangkan jerawat bahkan jerawat batu sekalipun. Baik itu peradangan maupun gatal-gatal pada jerawat dapat diatasi oleh daun sirih karena daun yang sering dijadikan bahan pembersih ini juga kaya akan anti-oksidan. Menggunakan daun sirih untuk mengatasi jerawat dapat dilakukan menggunakan cara penguapan, cuci wajah atau digunakan seperti masker. Penguapan dilakukan dengan mendidihkan daun sirih dan uapnya ditujukan pada wajah, cara lainnya yaitu mencuci wajah dengan air rebusan daun sirih dengan pelan-pelan, cara selanjutnya adalah menumbuk daun sirih dan menempelkannya di area yang terkena jerawat, dan bilas setelah 30 menit.

6. Strawberry: Strawberry adalah buah yang sangat menawan terlebih karena kemampuannya dalam menghilangkan jerawat. Buah ini diperkaya dengan antioksidan dan senyawa penting yang dapat mendukung kesehatan kulit anda. Salah satu senyawa yang diketahui cukup ampuh dalam menghilangkan jerawat dalam strawberry adalah asam salisilat. Senyawa tersebut sering digunakan oleh produsen obat penghilang jerawat sebagai bahan utama. Asam salisilat dalam buah strawberry diketahui dapat merangsang lapisan atas kulit untuk menumpahkan sel-sel lebih cepat. hal ini sangat berguna dalam membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

7. Buah pepaya: Menggunakan buah pepaya sebagai masker wajah bukan hanya akan membuat kulit anda halus dan kenyal, tetapi juga membantu menghilangkan jerawat. Buah pepaya diperkaya dengan vitamin dan senyawa penting yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi iritasi pada kulit termasuk mengurangi jerawat.

8. Cuka sari apel: Jika anda benar-benar membutuhkan cara menghilangkan jerawat, cuka sari apel bisa menjadi pilihan yang sangat sempurna. Mengapa? Hal ini dikarenakan cuka sari apel dapat membunuh hampir semua mikroorganisme yang dapat membawa pada semua ketidaknyamanan pada kulit termasuk jerawat. Selain itu cuka sarti apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit Anda, sehingga membuat mikroba lebih sulit untuk berkembang. Bakteri merupakan salah satu penyebab utama jerawat selain hormon.

9. Jeruk nipis: Ampuh menyerap kadar minyak di wajah. Cara menggunakannya dapat dicampur dengan putih telur agar kulit wajah menjadi semakin kencang. Air dari perasan jeruk nipis dioleskan pada wajah sebelum tidur dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian dibilas. Tetapi, banyak juga yang mengatakan lebih dari 15 menit seperti misalnya semalaman akan memberikan efek yang lebih ampuh lagi. Menggunakan jeruk nipis bukan hanya untuk mencegah, tetapi juga saat jerawat telah muncul karena jerawat mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi atau anti-radang sehingga efektif menghilangkan bahkan membunuh bakteri penyebab jerawat.

10. Baking soda: Cara menghilangkan  jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda. Sebagai bahan perawatn kecantikan baking soda relatif aman dan cukup efektif, plus harganya yang murah juga menjadi daya tarik tersendiri. Baking soda mampu menhilangkan jerawat dengan cara mengurangi peradangan, dan membersihkan kulit dari noda. Cara penggunaanya pun cukup dengan mencampur antara baking soda dan air  hingga menjadi pasta. Setelah itu, gunakan campuran keduanya sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

11. Minyak kelapa: Minyak kelapa sering dipuji karena memiliki efek penyembuhan yang sangat menakjubkan terutama dalam meringankan jerawat. Minyak kelapa mengandung vitamin dan juga asam lemak essensial yang bermanfaat untuk kulit wajah anda. Cara penggunaanya cukup mudah, yaitu dengan menerapkannya langsung ke wajah anda. Perlu diingat pilihlah minyak kelapa murni untuk mendapatkan hasil maksimal.

12. Madu dan kayu manis: Kita sudah tidak meragukan lagi mengenai manfaat madu dan kayu manis. Keduanya memang memiliki sejarah yang panjang sebagai obat. Kayu manis memiliki sifat anti-mikroba yang sangat berguna membunuh mikroba merugikan yang menyebabkan jerawat. Sedangkan madu adalah anti-biotik alami yang juga dapat membunuh bakteri, sehingga membuat keduanya menjadi campuran yang ideal untuk menghilangkan jerawat.

Menghilangkan jerawat dengan cara alami seperti di atas mungkin cukup memakan waktu, tetapi sangat mudah untuk dilakukan. Kerutinan dan konsisten menggunakannya penting untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah. Demikian 12 cara alami menghilangkan jerawat dengan mudah dan efektif, semoga bermanfaat.