Tips mudah mencegah jerawat

Advertisement
mencegah jerawat
Jerawat adalah masalah yang sangat menjengkelkan karena cukup sulit dihilangkan. Banyak orang berputus asa karena usaha mereka untuk menghilangkan jerawat tidak juga mendapatkan hasil maksimal. Bagi anda yang tidak berpotensi besar memiliki kulit berjerawat tampaknya juga harus waspada, karena bukan berarti anda terbebas sepenuhnya dari risiko jerawat. Untuk mencegahnya berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:

1. Jaga kebersihan wajah anda:  Selain disebabkan karena hormon, jerawat biasanya juga sering dipicu akibat bakteri di kulit wajah yang disebabkan kotoran yang menumpuk. Oleh karena itu sangat penting sekali menjaga kebersihan kulit wajah kita untuk mencegah munculnya jerawat. Mencuci wajah dengan air adalah cara yang paling mudah membersihkan kulit wajah, disarankan menggunakan air hangat dibandingkan air dingin.

2. Jaga kelembaban kulit: Menjaga kelembaban kulit sangat penting sekali untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan produk pelembab kulit wajah yang sudah tersedia di pasar. Pastikan milih produk yang cocok dengan kulit wajah anda. Atau jika ingin lebih aman manfaatkan bahan-bahan alami seperti buah alpukat, pepaya atau madu sebagai masker wajah.

3. Pilih produk kecantikan yang cocok: Tidak semua produk kecantikan cocok untuk semua jensi kulit. Untuk itu sangat penting bagi anda memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jika Anda rentan terhadap jerawat, mencari produk kecantikan dengan label non-comedogenic sangat dianjurkan. Produk tersebut dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori adalah salah satu penyebab utama jerawat.

4. Memilih sampo yang cocok: Selain produk kecantikan kulit, penggunaan sampo yang tidak cocok juga bisa  menyebabkan jerawat. Sampo dan kondisioner dengan aroma menyengat biasanya mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit sehingga menyebabkan jerawat di dahi, leher, dan punggung. Jika demikian, mungkin anda harus mempertimbangkan penggunaan produk produk alami dan selalu memastikan bahwa anda membilas sisa sampo dengan benar.

5. Jangan terlalu sering menyentuh wajah: Kulit wajah merupakan bagian yang sangat sensitif sehingga harus dijauhkan dari segala sesuatu yang bisa menyebabkan jerawat. Bahkan hanya dengan sentuhan tangan bisa memicu munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan minyak dan kotoran di tangan Anda akan menempel di kulit wajah saat kita menyentuhnya.

6. Jaga kebersihan rambut anda: Bagi wanita, rambut yang panjang tarnyata juga bisa menyebabkan jerawat. Hal ini biasanya terjadi akibat kotoran dan minyak di rambut yang menempel di kulit wajah saat kita tertidur sehingga akan menyebabkan jerawat. Untuk menghindarinya usahakan selalu menjaga kebersihan rambut secara teratur.

7. Konsumsi makanan sehat: Tidak bisa kita pungkiri jika makanan juga banyak berperan dalam menjaga kesehatan kulit kita, termasuk dalam mencegahnya dari jerawat. Sayur dan buah-buahan mengandung tinggi serat, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhan untuk kesehatan kulit.

Share On