Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda

Advertisement
Menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat merupakan salah satu terobosan yang murah dengan hasil yang cukup memuaskan. Baking soda bisa anda gunakan jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk membeli obat penghilang jerawat yang harganya tentu tidak murah.

Manfaat baking soda untuk menghilangkan jerawat

1. Baking soda memiliki sifat anti inflamasi ringan yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Selai untuk mengatasi jerawat baking soda biasanya juga dimanfaatkan untuk meringankan ruam, iritasi atau masalah kulit lainnya seperti terkena sengatan sinar Ultra Violet.

2. Baking soda memiliki kemampuan untuk menyegarkan kulit secara alami sekaligus membantu pengelupasan jerawat.

3. Baking soda adalah amfoter alami yang itu artinya baking soda akan bekerja sebagai asam atau basa. Dengan cara ini, baking soda dapat membantu menetralisir ketidakseimbangan pH pada permukaan kulit. ketidakseimbangan pH ini juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda

Campur 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air sehingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah sebagai masker terlebih pada area yang berjerawat Pijat dengan lembut selama 2 - 3 menit dengan gerakan melingkar. Tunggu hingga kering selama kurang lebih 5 - 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Cara kedua sebenarnya hampir sama dengan cara pertama yaitu dengan menggabungkan antara baking soda dan air, tetapi perbedaannya kali ini kita akan mencampurnya dengan lemon. Caranya: Campur dua sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air kemudian tambahkan satu sendok teh jus lemon segar.

Terapkan di seluruh wajah anda setelah sebelumnya anda melakukan tes patch, kemudian biarkan masker tersebut selama 10 sampai 15 menit sambil bersantai, setelah selesai bilas dengan air hangat. Menggunakan cara tersebut mungkin akan membuat kulit anda sedikit kemerahan, tapi beberapa saat akan segara hilang. Untuk mengurangi kemerahan gunakan pelembab setelah menerapkan cara tersebut.

Perhatian dan keamanan

Jika anda memiliki kulit yang sensitif sebaiknya berhati-hati menggunakan baking soda. Karena selain dapat meringankan peradanganakibat jerawat baking soda juga bisa membuat kulit anda menjadi kering bahkan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.


Untuk itu sebaiknya anda melakukan tes patch terlebih dahulu dengan mengoleskan baking soda ke bagian kulit tangan anda, kemudian tunggu sekitar setengah jam sebelum menggunakan baking soda sebagai bahan penghilang jerawat. Jika Anda mengalami ruam atau reaksi yang tidak nyaman pada kulit maka jangan pernah menerapkannya ke kulit wajah anda.

Selain itu, jangan menggunakan baking soda terlalu sering  karena jika digunakan secara berlebih baking soda justru dapat mengganggu keseimbangan pH kulit Anda, sehingga berpotensi menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jerawat. Oleh karena itu, usahakan anda menggunakan baking soda tidak lebih dari dua kali seminggu.

Share On